Scroll to Top

Android Go Diperkenalkan, Platform untuk Smartphone dengan RAM Terbatas

By Ditya / Published on Friday, 19 May 2017
Android Go
Android Go

Google secara resmi telah memperkenalkan platform baru yang disebut dengan Android Go. Platform Android Go didesain khusus untuk perangkat kelas entry-level dengan memori RAM 1GB atau lebih rendah. Banyak yang menyebut bahwa Android Go akan menjadi penerus dari Android One, meski sebenarnya keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Raksasa mesin pencari asal Mountain View ini mengatakan bahwa pihaknya banyak terinspirasi dari pengembangan YouTube Go yang bisa dikatakan cukup sukses. Google juga menambahkan bahwa sema perangkat yang diluncurkan dengan sistem operasi Android O atau lebih baru dengan RAM 1GB atau lebih rendah, akan mengusung konfigurasi Android Go.

Lalu seperti apa sebenarnya konfigurasi Android Go ini? Android Go akan menghadirkan konfigurasi yang disesuaikan untuk perangkat dengan resource perangkat keras dan jaringan yang terbatas. Google juga menjanjikan aplikasi pre-installed yang lebih ringan seperti YouTube Go untuk performa yang lebih ringan.

Pengguna akan mendapatkan pengelolaan data di Quick Settings, dan API akan tersedia bagi operator untuk memanfaatkan ini. Pengguna juga akan selalu tahu persis berapa banyak data yang masih tersisa dalam paket yang digunakan. Terlebih lagi, pengguna bahkan dapat mempercepat penjatahan data Anda di dalam Android Settings – tanpa perlu menghubungi operator atau mengunjungi toko.

Jika pengembang aplikasi pihak ketiga ingin membuat kreasi mereka dipamerkan di dalam Play Store ke pemilik perangkat Go, maka mereka harus mematuhi dokumen Google Best Practices yang disebut Building for Billions. Perangkat Android Go pertama kali dirilis pada 2018 mendatang.

Komentar Anda