Scroll to Top

Waduh, 5 Jenis Makanan Ini Ternyata Sulit Dicerna

By C Novita / Published on Friday, 19 May 2017

es krim vanila

Beberapa jenis makanan ternyata cukup sulit dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Selain itu, pencernaan juga akan mengalami beberapa masalah semisal mulas, kembung, diare, dan menyebabkan Anda kerap kentut alias buang gas setelah makan.

Prof. Dr. Mohammad Juffrie, SpAK, Ph.D, Kepala Subdivisi Gastronepatologi Fakultas Kedokteran UGM mengatakan bahwa jika Anda mengalami masalah pencernaan usai makan, berarti makanan tersebut sulit diterima atau dicerna.

Apa saja jenis umum makanan yang sulit dicerna, berikut ini penjelasannya seperti dilansir laman femina.co.id:

Makanan pedas

Cabai dan paprika mengandung zat bernama capsaicin yang bagi beberapa orang dengan lambung sensitif dapat menimbulkan masalah. Zat ini sebenarnya agak sulit dipecahkan pencernaan dan bisa menimbulkan iritasi usus halus. Selain itu, gerakan peristaltik dapat terganggu akibat zat ini dan mendorong makanan bergerak cepat ke usus besar. Akibatnya Anda mengalami diare dan makanan tidak terserap dengan baik.

Kubis

Beberapa jenis kubis dan brokoli memang bernutrisi, akan tetapi seratnya membuat makanan ini sulit dicerna dan hanya jadi makanan mikroflora atau bakteri usus. Bakteri tersebut pun menghasilkan gas dalam perut yang menyebabkan Anda sering buang angin seusai makan. Ini bisa dikurangi dengan merebus sebentar kubis sebelum dimakan.

Nangka, cempedak, durian

Buah-buahan tersebut memicu produksi gas dalam perut, dan membuat kembung juga begah. Proses pencernaan yang sulit adalah salah satu penyebabnya. Sirsak pun termasuk dalam jeni sbuah ini, sehingga dianjurkan untuk tidak banyak mengonsumsinya.

Kacang-kacangan

Manfaat kacang memang banyak, akan tetapi penyerapannya di pencernaan juga agak sulit. Untuk memudahkan, sebaiknya Anda mengolah kacang dengan direbus dan jadi campuran sup.

Es krim

Es krim termasuk salah satu yang sulit dicerna, dan memicu sesak serta kembung jika Anda konsumsi dalam jumlah banyak. Masalahnya ada pada kandungan lemak serta laktosa susunya.

 

Komentar Anda