Scroll to Top

4 Cara Alami Bikin Sariawan Cepat Sembuh

By Ilham Choirul / Published on Friday, 19 May 2017

sariawan

Sariawan bisa sangat menganggu aktivitas. Lesi putih yang muncul di dalam rongga mulut ini menimbulkan rasa sakit yang menyiksa. Oleh sebab itu, saat sariawan biasanya mengalami rasa tidak nyaman saat mengunyah. Dan, gangguan ini bisa berlangsung selama beberapa hari hingga sariawan sembuh sendiri.

Penyakit tersebut biasanya sembuh dengan mengandalkan kuatnya sistem kekebalan tubuh. Namun agar lebih mempercepat penyembuhan, penggunaan bahan alami atau mengonsumsi makanan tertentu bisa menjadi pilihan. Berikut beberapa cara mempercepat penyembuhan sariawan:

Berkumur dengan baking soda. Larutan baking soda dapat menyembuhkan sariawan karena berguna untuk menyeimbangkan kadar asam di tubuh. Bahan yang sering dipakai untuk membuat kue tersebut juga membunuh bakteri. Kumur menggunakan larutan baking soda dua kali sehari agar sariawan segera sirna.

Mengoleskan madu. Selain dimakan, madu juga berkhasiat sebagai penyembuh saat dioleskan di bagian sakit. Pada area sariawan yang dioleskan madu, turut mempercepat penyembuhannya. Untuk menambah keefektivan madu, campur dengan bubuk kunyit.

Mengompres dengan kantung teh. Setelah teh diseduh jangan buang dulu kantungnya. Jika ada sariawan di mulut, kompreskan di atasnya. Antioksidan pada teh ikut membantu pemulihan dari sariawan.

Chamomile. Bunga chamomile juga bagus untuk menyembuhkan sariawan. Cukup rendam beberapa bunganya pada air, lalu gunakan larutannya untuk berkumur.

Komentar Anda