Scroll to Top

4 Masalah Kesehatan Ini Bisa Diatasi dengan Jahe

By Ilham Choirul / Published on Friday, 19 May 2017

jahe

Jahe tidak hanya akan melezatkan masakan. Rempah-rempah ini kaya dengan nutrisi yang mampu memberikan kebaikan bagi kesehatan. Misalnya dengan menyeduhnya dengan air dan meminumnya, larutan jahe mampu mengatasi peradangan yang ada di dalam tubuh. Peradangan ini bisa menjadi awal dari hadirnya penyakit lebih serius seperti tumor atau kanker.

Nah jahe juga berguna untuk mengatasi gangguan kesehatan ringan. Misalnya seperti berikut ini:

Mengatasi morning sickness. Ibu hamil sering mengalami mual dan bahkan muntah akibat perubahan hormonal dengan hadirnya janin di dalam rahim. Rasa ini kerap membuat tidak nyaman. Minum air jahe dapat meredakan rasa mual. Namun jangan sampai berlebihan karena rempah ini sifatnya panas. Cukup konsumsi sekira 1-1,5 gram dalam satu gelasnya.

Meredakan nyeri haid. Saat haid terjadi peluruhan pada dinding rahim dan membuat wanita merasa nyeri. Dengan minum jahe sekitar 1 gram selama tiga hari pertama haid, dapat membantu meredakan sakitnya.

Mengatasi maag. Sakit maag ditandai dengan perut kembung lantaran tingginya kadar asam lambung. Minum air jahe dapat mengurangi  akumulasi gas di perut. Jahe juga ikut menenangkan pencernaan.

Meredakan nyeri otot. Zat dalam jahe berguna dalam menenangkan otot-otot tubuh. Otot yang nyeri dapat diredakan sakitnya setelah mengonsumsi jahe. Namun efeknya perlu waktu atau bertahap.

Komentar Anda