Scroll to Top

Gerakan 7 Juta Status Dukung Habib Rizieq Shihab Bergema di Twitter & Facebook

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 21 May 2017

Gerakan 7 Juta Status Dukung Habib Rizieq Shihab Warnai Twitter & Facebook

Gerakan 7 juta status mendukung Habib Rizieq Shihab bergema di media sosial seperti twitter dan facebook. Diwarnai dengan tagar #kamibersamaHRS, gerakan ini bertujuan mengajak netizen untuk ‘unjuk kekuatan’ dalam membela Rizieq Shihab yang saat ini tengah terjerat beberapa kasus. Senapas dengan gerakan ini, para pendukung Rizieq menduga telah terjadi kriminalisasi ulama, yang di antaranya juga menimpa tokoh FPI Ini.

Berbagai netizen ramai-ramai mengunggah status berbunyi serupa, yaitu kalimat, “Kami Percaya Ulama, Habib Rizieq dan mendukung perjuangannya. Jangan di Share tapi di-Copas agar tembus 7 juta status.” Kalimat ini juga ditambah dengan tagar #KamibersamaHRS dan #Gerakan7JutaStatus, sehingga netizen, entah pengguna facebook atau twitter, akan dengan mudah melacak perkembangan gerakan ini melalui tagar-tagar tersebut.

Gerakan 7 juta status ini bisa jadi terinspirasi dari jumlah peserta Aksi Bela Islam Jilid III pada 2 Desember 2016 lalu. Meskipun berbagai pihak mengklaim jumlah angka peserta yang berbeda-beda, secara umum banyak yang berpendapat peserta mencapai jutaan. Dan Habib Rizieq Shihab sendiri, menyebutkan kisaran 7,5 juta orang yang mengikuti aksi yang juga disebut Aksi 212 itu.

Kata Rizieq dikutip dari detik.com pada Senin, 5 Desember lalu, “Aksi 212 kemarin itu dari hasil foto Google Maps dan lain sebagainya,  menunjukkan kepadatan lebih dari dua kali lipat (dibandingkan dengan Aksi) 411 (4 November). Berarti kalau (aksi 411) 3,2 juta, maka (Aksi 212) dua kali lipatnya (yaitu) 7,4 juta …. lebih dari itu (total peserta Aksi 212) diperkirakan 7,5 juta orang.

Habib Rizieq Resmi Tersangka Penistaan Pancasila

Gerakan 7 juta status yang mendukung Habib Rizieq Shihab ini dimunculkan ketika tokoh FPI itu diliit kasus penodaan Pancasila dan dugaan terkait dalam percakapan berbau mesum dan mengandung konten pornografi dengan Firza Husein melalui WhatsApp.

Berbagai ekspresi dilontarkan netizen terkait gerakan 7 juta status ini. Misalnya kalimat, “Gerakan 7Juta status, dan pastikan namamu berada di dalamnya, bersama para ulama. Agar apa? Agar kelak di syurga kita bisa kembali (di)kumpulkan (oleh Allah) bersama mereka.”

Komentar Anda