Scroll to Top

Peneliti Temukan Cara Tumbuhkan Sperma di Luar Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 05 Jan 2012

sperma

Sebuah penelitian tentang reproduksi menunjukkan satu kemajuan. Peneliti dari Muenster University di Jerman dan Ben Gurion University di Israel, berhasil menemukan upaya agar pria yang mengalami kemandulan bisa memiliki anak tanpa perlu mengambil sperma dari donor sperma. Peneliti coba “menumbuhkan” sperma berkualitas baik di luar tubuh manusia.

Caranya, kata Profesor Stefan Schlatt dari Muenster University, sel-sel germinal yang ada di testis akan diambil. Mereka ditempatkan bersama senyawa khusus untuk membuat kondisi yang menyerupai kedaan di dalam testis. Oleh peneliti, senyawa itu disebut agar-agar jelly.

Hanya saja, saat ini tahap percobaan masih dilakukan pada tikus. Sel sperma bisa tumbuh dengan lingkungan yang dibuat mirip seperti di testis.

“Saya pada akhirnya percaya, mungkin secara rutin tumbuh sperma pria dengan mengekstraksi jaringan yang mengandung sel-sel germinal dari testis pria dan merangsang produksi sperma di laboratorium,” kata Prof Mahmoud Huleihel, peneliti dari Ben Gurion University, Israel, seperti dikutip Times of India.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, para peneliti sedang mengupayakan pembuatan senyawa-senyawa berbeda untuk menumbuhkan sel germinal dengan lebih baik. Huleihel yakin, percobaannya pada tikus tersebut bisa diaplikasikan pada pria yang mengalami kemandulan. Temuan ini dimuat jurnal ilmiah Nature.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda