Scroll to Top

Pestisida yang Menempel di Sayur dan Buah Bisa Picu Kanker Hati

By C Novita / Published on Saturday, 27 May 2017

pestisida

Penggunaan pestisida pada berbagai produk pertanian seperti sayur dan buah saat ini sudah jamak dilakukan. Namun Anda sebagai konsumen sebaiknya tetap waspada terhadap bahan beracun tersebut, dan tidak menganggap remeh pemakaian pestisida yang berlebihan.

Apabila memungkinkan pilihlah sayur dan buah yang organik atau dibesarkan tanpa memakai pestisida, serta meminimalkan dosis pemakaian racun tersebut. Curigalah dengan kondisi sayur dan buah yang terlalu mulus tanpa adanya ulat pengganggu. Itu bisa jadi tanda penggunaan racun serangga yang tinggi dosis.

Pestisida dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda, utamanya untuk hati (liver). Sayur dan buah yang kandungan pestisidanya tinggi bisa memicu kanker dan penyakit pada liver.

Dilansir hellosehat.com, berikut ini bahaya pestisida bagi kesehatan tubuh manusia:

Kanker hati

Studi yang dilakukan oleh American Association of Cancer Research menyebut angka risiko terkena penyakit kanker hati bisa mencapai 71 % bagi orang yang dalam jangka panjang terpapar pestisida. Studi yang dilakukan di wilayah Asia, Eropa, dan Amerika Serikat itu mengungkap adanya mutasi DNA yang dipicu oleh zat kimia di dalamnya.

Penyakit hati

Rentannya liver atau hati mengalami kerusakan akibat paparan zat dalam pestisida, semisal mengalami hepatitis. Itu terjadi sebab tugas organ hati membersihkan racun yang ikut masuk ke dalam tubuh bersama dengan makanan.

Apabila jumlah racun makin bertumpuk dan hati tidak bisa maksimal membersihkan dan membuangnya keluar tubuh, maka bisa memicu infeksi serius.

Waspadalah jika Anda kerap mengalami muntah, demam, kulit jadi kuning, dan sakit perut yang tak biasa. Itu adalah gejala awal sakit pada organ ginjal yang harus diwaspadai.

Namun jangan pula menghindari sayur dan buah karena takut pada pestisidanya, Anda bisa berusaha membersihkan kandungan zat racun itu dengan cara mencuci dengan baik di air mengalir. Semoga bermanfaat.

 

Komentar Anda