Scroll to Top

Vina Panduwinata: Musik Menjadi Penyeimbang Kehidupan

By Aditya / Published on Friday, 06 Jan 2012

Vina Panduwinata mencoba bijak dalam menyikapi industri musik di Indonesia saat ini. Ketika banyak cibiran terhadap boyband dan girlband yang dituding tidak punya kualitas bermusik, sang burung camar justru memberikan pembelaan. Menurutnya, tidak adil jika berbicara kualitas dengan anak-anak belia yang tergabung di boyband atau girlband.

“Ini memang zamannya. Di seluruh dunia juga begitu dan karena itu, tidak adil bicara kualitas dengan mereka,” kata diva yang kualitasnya tidak diragukan lagi itu di Balikpapan, Kamis (05/01).

Pelantun lagu “Kumpul Bocah” ini menilai, kenyataan bahwa boyband dan girlband bisa diterima pasar adalah soal selera. Oleh karena itu, kualitas menjadi nomor yang kesekian. Masyarakat, lanjutnya, sudah jenuh dengan kondisi carut-marut bangsa ini sehingga sajian musik yang ringan justru diterima dengan sangat mudah.

”Di mana-mana orang bicara politik, ekonomi, yang berat-berat. Nah, musik demikian yang ringan, yang bisa didengarkan tanpa bikin kening berkerut, malah mungkin dilihat sambil senyum-senyum, lantas jadi pilihan,” ujar penyanyi yang berperkara dengan istri Ikang Fawzi ini.

Intinya, Vina Panduwinata ingin menyampaikan bahwa musik adalah penyeimbang dalam kehidupan manusia. Musik juga menjadi simbol kehidupan di setiap masa, dan selera musik di masing-masing era tentu saja tidak sama.

”Musik jadi penyeimbang kehidupan sekaligus juga gambaran kehidupan di masanya masing-masing,” tutup penyanyi yang pernah merajai industri musik tanah air pada era 1980-an hingga 1990-an ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda