Scroll to Top

Facebook Siarkan Debat Presidensial

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Friday, 06 Jan 2012

facebook debateBekerjasama dengan televisi NBC, media sosial Facebook menjadi co-host acara debat Presidential bersama anggota Partai Republikan Amerika. Keterlibatan Facebook ini memberikan kesan unik, karena peran media sosial turut serta dalam pagelaran debat di panggung politik secara langsung.

Debat presidential yang dimoderatori oleh host Meet The Press, David Gregory, akan tayang di NBC pada Minggu (8/1), pukul 21.00 waktu setempat. Acara dapat juga disaksikan secara streaming di laman MSNBC dan Facebook.

Kehadiran Facebook dalam debat presidential kali ini sepertinya akan berbeda dan semarak. Karena, para pengguna Facebook yang menonton online bisa mengajukan pertanyaan secara langsung kepada para kandidat, melalui widget Facebook. Pengguna juga bisa berinteraksi satu sama lain secara real-time, antara pengguna internet dan pemirsa televisi.

“Dengan membiarkan orang untuk berhubungan dengan cara yang otentik dan bermakna, kami berharap masyarakat diikutsertakan dalam diskusi mengenai isu-isu yang paling penting bagi mereka,” ujar Elliot Schrage, Wakil Presiden Komunikasi Global, Pemasaran dan Kebijakan Publik di Facebook.

Keterlibatan Facebook dalam memberikan suguhan panggung politik untuk para penggunanya, sudah beberapa kali dilakukan. Facebook sepertinya semakin serius untuk menempatkan posisinya sebagai media sosial terunggul dibandingkan para saingannya.

Tahun 2008, perusahaan milik Mark Zuckerberg ini berkerjasama dengan ABC news dalam ‘grup debat’ yang membahas debat politik yang disiarkan televisi ABC. Pada tahun 2009, Facebook mengajak penggunanya untuk melihat secara langsung prosesi pengucapan sumpah jabatan oleh Presiden Obama. Ini dilakukan dengan video streaming bersama CNN. Selama 2010, Facebook kembali berkerjasama dengan ABC untuk siaran livestream pemilu di balai kota dari Arizona State University.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda