Scroll to Top

Telah Ditemukan Obat Anti Alkohol

By Andhika / Published on Friday, 06 Jan 2012

Para peneliti dari UCLA (University of California, Los Angeles) telah menemukan senyawa yang diekstrak dari ramuan herbal kuno yang dapat membuat imun terhadap alkohol.

Senyawa tersebut disebut dengan DHM atau Dihydromyricetin. Secara teori, dengan meminum DHM ini, maka seseorang akan dapat mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dan tidak akan mabuk.

Penelitian tersebut menggunakan tikus sebagai bahan percobaan. Tikus-tikus tersebut kemudian diberi 15 hingga 20 bir selama 2 jam.

Dan hasilnya, para binatang tersebut akan pingsan dan tak bergerak saat dibalik. Namun saat diberi DHM, mereka bisa minum lebih banyak, memerlukan waktu lebih lama untuk mabuk dan akan siuman dalam waktu 15 menit saja.

Kesimpulannya, tikus yang meminum ramuan ini bisa meminum alkohol dalam jumlah banyak tanpa menderita efek sampingnya dan tidak menjadi alcoholic, bahkan setelah berminggu-minggu dilakukan percobaan serupa.

Salah satu salah satu anggota tim peneliti mengatakan,

“Saat anda meminum alkohol dengan DHM, anda tidak akan kecanduan”.

Namun, pihak peneliti menambahkan bahwa DHM ini baru diketahui bekerja dengan baik pada tikus dan mereka belum mengujinya pada manusia. Pengujian ke arah itu sedang mereka persiapkan dan akan segera mereka lakukan.

Namun mereka mengatakan, secara teori, DHM juga akan memiliki efek serupa terhadap manusia.

Senyawa tersebut diekstrak dari ramuan herbal kuno yang berasal dari biji-bijian tanaman Hovenia Dulcis. Ramuan kuno tersebut diketahui digunakan pertama kali untuk menyembuhkan penyakit pada tahun 659.

Ditengarai, ramuan tersebut bekerja dengan cara memblok reseptor otak, sehigga respon otak terhadap efek alkohol menjadi berkurang. Obat anti-alkohol yang lain juga dapat memblok reseptor otak, namun tidak ada yang bekerja sebaik DHM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda