Scroll to Top

Lolos SBMPTN Tapi Tak Daftar Ulang, Sekolah Asal Bisa Di-Blacklist

By C Novita / Published on Wednesday, 14 Jun 2017

SBMPTN

Jika siswanya berhasil lolos SBMPTN 2017 akan tetapi tidak melakukan daftar ulang alias mundur, maka sekolah asal bisa di-blacklist oleh perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut. Demikian ditegaskan oleh Wakil Rektor 1 Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Kusmartono kepada wartawan.

“Bagi yang tidak melakukan registrasi, PTN sudah mempersiapkan sanksi untuk sekolah asal yang bersangkutan,” kata Kusmartono di Malang, Selasa (13/6/2017) seperti dilansir laman tempo.co.

Untuk Unibraw calon mahasiswa sudah bisa melakukan daftar ulang sejak Rabu 14 Juni. Jika tidak, maka surat peringatan akan dikirim ke sekolah asal yang berdampak pada penentuan rumus tahun depan yakni indeks penerimaan siswa dari sekolah tersebut dikurangi atau blacklist.

Umumnya siswa tidak melakukan daftar ulang atau regristrasi pada jurusan kurang favorit. Jumlahnya bisa 10-20 persen.

Selain Unibraw, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) juga berencana melakukan langkah yang sama.

“Mulai tahun ini kami akan mengirimkan surat peringatan ke sekolah yang siswanya tiak registrasi ulang setelah diterima SNMPTN maupun SBMPTN,” jelas Kepala Biro Administrasi, Akademik, dan Kemahasiswaan UIN Maliki, Achmad Heru.

Adanya surat peringatan tersebut diharapkan dapat menjadi pelajaran agar siswa tidak main-main saat mengikuti SBMPTN maupun SNMPTN dan mengambil jurusan sebab bisa mempengaruhi kelolosan siswa lain.

“Kasihan peserta lain yang nilainya selisih sedikit, tapi gagal. Sementara yang lolos justru tidak registrasi ulang,” tambah dia.

 

 

Komentar Anda