Scroll to Top

Valentino Rossi Tinggalkan Yamaha Akhir Musim Ini Jika …

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 18 Jun 2017

Valentino Rossi Balapan di GP Catalunya Jadi Mimpi Buruk!

Valentino Rossi bukan tidak mungkin meninggalkan Yamaha akhir musim ini. Menyusul performa motor M1 yang tidak cukup konsisten, The Doctor menilai peluangnya untuk mendapatkan gelar kesepuluh bakal semakin sulit. Oleh karenanya, diklaim oleh Diario Gol, Rossi mengancam untuk hengkang dari tim Yamaha, jika tidak ada perubahan berarti di sisa kompetisi.

Di GP Catalunya kemarin, Valentino Rossi hanya duduk di peringkat delapan. Sejak sesi latihan bebas hingga lomba, motor M1 tampak tidak bisa bersaing dengan motor Ducati atau Honda. Alhasil, Rossi bukan hanya tidak kompetitif. Posisinya di klasemen sementara juga terus melorot. Kini The Doctor ada di posisi lima; dengan jarak 28 angka dari Maverick Vinales, rekan setimnya di Movistar Yamaha.

Bukan penampilan Vinales yang menjadi rujukan Rossi, tetapi hasil yang didapatkannya sendiri. Melihat ada Andrea Dovizioso, Marc Marquez, dan Dani Pedrosa yang menempati posisi lebih baik, The Doctor tidak puas. Pasalnya dengan usia yang sekarang, Rossi kemungkinan hanya punya waktu tahun ini dan tahun depan untuk mewujudkan gelar La Decima, alias gelar kesepuluh.

Valentino Rossi Balapan di GP Catalunya Jadi Mimpi Buruk! 2

Rossi ingin memastikan, punya motor yang cukup untuk mengejar gelar tersebut; tidak melulu mentok di posisi runner-up seperti dalam tiga tahun terakhir. Dan melihat kualitas M1 belakangan, Rossi sudah mengucapkan, “Motor ini sering understeer. Dan hal ini menyebabkan dampak serius di ban belakang ketika kami bertarung di sirkuit dengan grip kecil seperti Jerez atau Montmelo.”

“Motor yang tahun lalu lebih mudah dikendalikan; tapi yang sekarang lebih banyak mengalami spin. Dengan motor yang sekarang, kami kehilangan daya menikung dan kecepatan saat memasuki tikungan; padahal inilah esensi kekuatan Yamaha dalam beberapa tahun terakhir.”

Valentino Rossi menyiratkan, sudah terungkap siapa pihak paling bersalah yang menyebabkan masalah di motor Yamaha M1.Ia berharap perubahan yang dilakukan para engineer Yamaha segera berpengaruh pada motor tersebut; mengingat musim ini masih cukup panjang; dan peluang juara belum benar-benar habis.

Rossi sejatinya tidak mau mengucapkan selamat tinggal kepada Yamaha. Namun, jika keadaan belum berubah hingga akhir kejuaraan, dan motor M1 masih terus bermasalah, maka tampaknya Si Nomor 46 tidak akan ada di Yamaha musim depan.

Komentar Anda