Scroll to Top

Tips Jauhkan Maling dari Rumah Saat Ditinggal Mudik

By C Novita / Published on Sunday, 18 Jun 2017

rumah kosong

Saat mudik ke kampung halaman maka Anda harus memastikan rumah yang ditinggalkan aman dan jauh dari perhatian maling. Selain itu, rumah juga harus aman dari berbagai musibah yang bisa terjadi semisal kebakaran. Tentu tidak ada yang ingin mengalami hal yang merugikan tersebut bukan?

Berikut ini adalah tips meninggalkan rumah dalam kondisi aman saat mudik seperti yang dihimbau oleh Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan, Ahad (18/6):

– Jangan tampakkan bahwa rumah Anda sedang kosong, jika bisa gunakan lampu yang memiliki timer waktu untuk menyala pada waktu tertentu. Nyalakan satu di ruang keluarga. Letakkan beberapa sandal di luar rumah.

РPerhiasan dan uang sebaiknya tidak ditinggalkan dalam rumah. Jika banyak, maka titipkan saja ke  bank atau orang terpercaya.

– Kunci dengan baik jendela serta pintu, jika perlu gembok sekalian. Memasang alarm bisa jadi salah satu opsi yang lebih baik.

– Pastikan untuk mematikan peralatan elektronik dan mencabut kabelnya dari saklar. Itu termasuk kulkas juga, jadi kosongkan saja kulkas Anda dari bahan makanan.

– Jika ada tetangga atau satpam, titipkan pada mereka dan beritahu bahwa Anda sekeluarga sedang mudik. Minta tolonglah untuk mengawasi rumah Anda jika ada hal yang mencurigakan, serta berikan nomor telepon yang bisa dihubungi.

– Kompor gas sebaiknya dicabut dari regulatornya. Jika memungkinkan letakkan tabungnya di ruang terbuka di belakang rumah Anda.

– Jangan update di medsos bahwa Anda sudah berangkat sekeluarga dan rumah kosong. Jika ada orang yang tahu alamat Anda maka bisa jadi menimbulkan niat buruk.

– Memasang CCTV bisa pula jadi pilihan untuk mengawasi rumah saat sedang kosong.

Semoga bermanfaat

 

Komentar Anda