Scroll to Top

Wih, Bekas Penjara Kalisosok Jadi Tempat Kost Bulanan

By C Novita / Published on Sunday, 18 Jun 2017

penjara kalisosok

Bagaimana ya rasanya tinggal di penjara? Jika Anda ingin tahu rasanya, bisa lho nge-kost bulanan di Penjara Kalisosok, Kota Surabaya yang saat ini sudah tidak lagi digunakan. Serius, bahkan peminat yang ingin menempati kamar-kamar mungil disana cukup banyak sampai-sampai tak ada kamar yang kosong.

Berikut ini kisahnya seperti dilansir oleh laman Jawapos.com, Jumat (16/6/2017):

Penjara Kalisosok sudah ada sejak jaman kolonial Belanda, sehingga bangunannya tergolong tua dan agak menyeramkan. Namun kesan itu akan hilang setelah masuk ke dalam lingkungan penjara yang berisi belasan atau puluhan kamar yang disekat dengan dinding tripleks. Sederhana.

Banyak perantau yang suka kost di tempat tersebut, karena letaknya dekat dengan pusat perbelanjaan JMP tempat mereka bekerja. Strategis, mereka cukup berjalan kaki sebentar menuju tempat kerja dari lokasi penjara.

Jika telat membayar biaya bulanan, bersiaplah untuk pindah karena sudah akan ada penghuni baru yang langsung membayar. Namun beberapa penghuni kost bahkan bisa bertahan sampai bertahun-tahun di sana. Yang jelas kamar petak tersebut tidak pernah sepi dan kosong.

”Mungkin ya karena murah dan banyak yang kerja di dekat sini,” kata Yanto pengurus tempat tersebut.

Penghuni harus membayar Rp 150 ribu per bulan lunas di depan. Maka Anda boleh menempati kamar berukuran 1,5 X 2 meter tersebut sekaligus dengan biaya air serta listrik.

Ada tempat yang disebut dapur dan bisa digunakan memasak bersama. Kamar mandi pun digunakan bersama oleh penghuni Penjara Kalisosok tersebut, sama seperti tempat kost biasa. Bahkan tersedia tempat nonton televisi bersama untuk penghuni kost.

Hanya satu bagian bangunan penjara yang digunakan sebagai tempat tinggal. Selebihnya tetap kosong bahkan gelap di malam hari. Namun menurut penghuni kost, mereka sudah terbiasa dengan suasana horor yang ada di sekeliling bangunan.

 

 

Pic: jawapos.com

Komentar Anda