Scroll to Top

Hasil Final Indonesia Open 2017: Tontowi/ Liliyana Juara, Sikat Zheng/ Chen!

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 18 Jun 2017

Hasil Final Malaysia Open 2016 Tontowi Ahmad Liliyana Natsir Juara Ganda Campuran!

Hasil final Indonesia Open 2017 pada Minggu, 18 Juni memastikan Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir juara ganda campuran. Menghadapi unggulan pertama asal China, Zheng Siwei/ Chen Qincheng, pasangan Indonesia tersebut berhasil menang dua set langsung dengan skor 22-20 dan 21-15. Berkat kemenangan ini, pupus sudah kutukan selama tiga tahun terakhir kala wakil tuan rumah tidak pernah bisa menaklukkan Indonesia Terbuka.

Tontowi/ Liliyana menjadi harapan terakhir Indonesia di turnamen kali ini. Sebelumnya ganda putra Fajar Alfian/ Muhammad Rian Ardianto dan ganda putri Anggia Shitta Awanda/ Ni Ketut Mahadewi Istirani sudah terhempas di semifinal. Namun, Owi dan Butet yang cuma unggulan keenam di ganda campuran Indonesia Terbuka 2017, punya masalah besar. Lawan mereka Zheng/ Chen adalah unggulan nomor satu.

Pertarungan sengit pun terlihat di set pertama. Balas-membalas skor terus saja terjadi. Owi dan Butet sempat unggul 5-2. Namun Zheng/ Chen menunjukkan kegigihan mereka untuk menipiskan jarak menjadi 7-6. Sekali lagi, pasangan Indonesia berhasil membuat skor melebar jadi 10-6.

Tetapi lagi-lagi ganda China juga tidak kalah ulet. Mereka bisa menyamakan skor jadi 11-11. Bahkan sejak saat itu saling membalas skor terus saja terjadi, hingga 14-14 dan 17-17. Cuma, satu helaan napas bisa sangat berpengaruh dalam duel seperti ini. Skor sempat menjadi 19-18, dan duo Indonesia memegang momentum.

Mereka memang sempat menyaksikan kegigihan Zheng/ Chen untuk membuat skor berimbang 20-20. Cuma, di titik ini, Tontowi dan Liliyana tidak mengulang kesalahan lagi. Mereka merebut dua angka tersisa untuk kemenangan 22-20.

Hasil Malaysia Open 2016 Tontowi Liliyana Tembus Final, Wakil Indonesia Terakhir

Set kedua, perjuangan Tontowi dan Liliyana lebih heroik lagi. Mereka sempat tertinggal 3-0. Berusaha mengejar pun, tampaknya momentu diambil lawan. Karena meski skor sempat sama 5-5, Zheng/ Chen melaju lagi jadi 6-9. Owi dan Butet tampak terus saja menjadi bayang-bayang sang lawan.

Tapi di sinilah kuncinya. Tontowi dan Liliyana terus tertinggal hanya dengan skor tipis sampai menemukan momentum untuk menyalip lawn dalam kedudukan 14-14. Skor bertambah jadi 17-14. Dan meski kemudian pasangan China bisa menambah satu poin lagi, duo Indonesia tidak mau menghabiskan waktu lagi, merebut empat angka tersisa untuk kemenangan 21-15.

Jadilah, Tontowi dan Liliyana menyelamatkan Indonesia; yang akhirnya meraih satu gelar di ganda campuran dalam turnamen Super Series  di kandang sendiri.

Komentar Anda