Scroll to Top

IFAB Siap Bikin Sepakbola Dimainkan 60 Menit, Bukan 90 Menit!

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 18 Jun 2017

Hasil Liga Spanyol Tadi Malam  Barcelona vs Real Madrid 1 2

International Football Association Board (IFAB) terus menggodok ide-ide segar untuk sepakbola. Kali ini, dalam progam inovasi ‘Play Fair!” ada ide yang ‘sedikit tidak biasa’, yaitu mengubah waktu bermain dari yang sebelumnya 90 menit jadi 60 menit. Namun, secara konsep ini tidak akan mengubah banyak hal, meski ada kesan, waktu seakan terpotong 30 menit lebih pendek. Pasalnya, dengan konsep sepakbola 60 menit, setiap ada kejadian seperti pelanggaran, maka waktu dihentikan; tidak bergerak.

Selama ini, sepakbola sudah lekat dengan waktu 2 x 45 menit. Namun menurut IFAB, sebenarnya dengan 90 menit yang dipakai ini, terjadi pemborosan. Faktanya, ada kecenderungan, jika waktu ketika bola benar-benar bergulir diukur, setiap laga sejatinya cuma bergerak 60 menit; alias 30 menit sisanya terbuang sia-sia, entah itu karena protes pemain, pelanggaran, atau taktik buang-buang waktu.

Oleh karena itu IFAB menilai, perlu ada perubahan. Setidaknya, ada ide segar untuk membuat laga berjalan 60 menit alias 2 x 30 menit. Bukan berarti terjadi pengurangan waktu. Pasalnya, dengan konsep ini, begitu terjadi sesuatu di lapangan, atau terjadi bola mati, maka waktu pertandingan akan dihentikan. Dengan demikian, waktu bermain akan lebih efektif daripada yang terjadi saat ini.

Meskipun ide ini cukup unik dan penuh terobosan, di sisi lain ide tersebut juga penuh risiko. Eks wasit Liga Inggris, David Elleray, dikutip dari detiksport menuturkan, “(bermain selama 60 menit) Itu adalah ide yang cukup ekstrem. Tapi di olahraga lainnya, waktu dihentikan ketika bola tidak aktif. Kita juga tahu bahwa di sebagian besar (pertandingan) sepakbola level top, Anda cuma mendapatkan 60 menit permainan kala bola benar-benar dimainkan.”

Hasil Liga Spanyol Tadi Malam  Barcelona vs Real Madrid 1

“Cukup sering terjadi di akhir laga, kita melihat waktu terbuang paling banyak, waktu hilang, ketika sebuah tim unggul 1-0 dan berniat menjaga keunggulan entah apapun caranya. Ide (main 60 menit) ini jelas cukup ekstrem dan merupakan sesuatu yang mungkin perlu kita ubah secara bertahap.”

Tidak hanya ide sepakbola 60 menit yang diusulkan oleh IFAB. Terobosan gagasan menarik lainnya adalah: pemain boleh langsung menggiring bola selepas dilanggar, bola tidak perlu diam (berhenti, mati) ketika terjadi hadiah tendangan bebas.

Ada pula permintaan hukuman ekstra, yaitu penalti ketika kiper menangkap backpass (umpan bek kepadanya), atau tendangan gawang dilakukan di tempat bola keluar lapangan (tidak harus di tengah/ dalam kotak penalti). Selain itu, yang paling unik, ada ide tim mendapatkan hukuman pengurangan poin jika para pemain merubungi wasit untuk melakukan protes.

 

Komentar Anda