Scroll to Top

Anggota DPR Inggris Sibuk Dengan Smartphone Saat Rapat

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Saturday, 07 Jan 2012

Kelakuan para wakil rakyat di Indonesia yang nyeleneh saat rapat, tampaknya punya saingan dari Inggris. Jika kebanyakan anggota dewan yang terhormat di Indonesia melakukan aksi tidur, para wakil rakyat di Inggris sibuk dengan smartphonenya dan mungkin sedang berkirim pesan, nge-tweet, bermain game Angry Birds, dan membuka laman facebook.

anggota dewan dpr inggris

Satu gambar yang terekam saat rapat anggota dewan di Inggris menunjukkan, empat orang wakil rakyat tengah asyik mengenggam smartphone mereka. Konsentrasi mereka malah terfokus pada smartphone itu, tanpa mendengarkan aspirasi yang disampaikan seorang rekannya.

Tingkah para wakil rakyat di Inggris ini menjadi pemandangan yang biasa ditemukan, sejak disetujuinya penggunaan ponsel dan twitter selama rapat berlangsung, oleh anggota parlemen pada Oktober tahun lalu. Asal, ponsel tersebut digunakan secara santun dan tenang.

Dalam persetujuan yang disepakati oleh anggota parlemen Inggris, perangkat apapun bisa dibawa masuk ke ruang sidang, bila tidak lebih besar dari lembar kertas A4. Ini berarti mereka bisa membawa iPad, BlackBerry, dan semua jenis smartphone dalam ruang rapat.

Parahnya, ada seorang anggota dewan Inggris bernama Tory, yang sangat tergila-gila menggunakan twitter. Ia dikenakan sanksi karena tidak disiplin setelah mengirimkan 103 tweet selama satu pertemuan rapat.

Ternyata, perkembangan dunia teknologi yang tersaji lewat smartphone tersebut bisa menyihir para anggota dewan untuk lebih ‘peduli’ pada konten smartphone, dibandingkan membicarakan permasalahan yang sedang terjadi di tengah masyarakat yang mereka wakili.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda