Scroll to Top

Oki Setiana Dewi Lestarikan Tradisi Makan Ketupat Saat Lebaran

By Tyas / Published on Friday, 23 Jun 2017

Oki Setiana Dewi

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Banyak persiapan yang dilakukan muslim di seluruh dunia dalam menyambutnya, tak terkecuali dengan para selebritis tanah air. Oki Setiana Dewi misalnya yang mengatakan jika ia harus menyiapkan ketupat di hari Lebaran nanti. Oki dan keluarga masih melestarikan tradisi makan ketupat di hari Lebaran.

Oki Setiana Dewi bercerita jika dalam keluarganya masih menjaga tradisi untuk makan ketupat saat Lebaran. Bagi mereka, ketupat adalah makanan wajib di hari kemenangan itu. Tentu saja tidak hanya ada ketupat, tetapi juga ada opor ayam dan lain sebagainya sebagai teman makan ketupat.

“Hari raya sendiri, khususnya di Indonesia, banyak sekali tradisinya. Dan saya salah satu yang mengikuti tradisi itu, yaitu ketupat. Itu kan salah satu tradisi ya di Indonesia,” tutur Oki Setiana Dewi, dikutip Kompas (22/6).

Selain makan ketupat, Oki dan keluarga nantinya juga akan sungkeman dengan maksud meminta maaf atas segala khilaf yang dilakukan selama ini.

“Karena ayah saya orang Jawa jadi kita masih sungkeman. Diawali dengan ibu saya diawali dengan ibu saya sungkem ke papa saya. Kemudian anak-anaknya dari yang tertua sungkeman, kemudian menantu-menantu, kemudian cucu-cucu. Jadi begitu,” urainya.

Oki Setiana Dewi baru saja diberikan cobaan di Ramadan tahun ini karena kedua putrinya, Maryam dan Khadeejah sama – sama terkena campak dan harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit selama beberapa hari.

Komentar Anda