Scroll to Top

Mexico Buka Jembatan Tertinggi di Dunia

By Andhika / Published on Saturday, 07 Jan 2012

Pemerintah Mexico telah resmi mengoperasikan sebuah jembatan kabel tertinggi di dunia. Jembatan tersebut diberi nama El Puente Baluarte (The Baluarte Bridge).

Jembatan yang membentang sepanjang 1.124 meter tersebut terletak di sebuah lembah di Gunung Sierra Madre Occidental, diantara kota Concordia di Sinaloa dan kota Pueblo Nuevo di Durango.

Dikatakan bahwa proyek ini merupakan bagian dari perayaan kemerdakaan Mexico dari Spanyol pada tahun 1810. Guinness World Records sendiri telah mencatatkan jembatan ini dalam buku rekor mereka.

Presiden Mexico, Felipe Calderon, telah meresmikan jembatan tersebut Kamis lalu bersamaan dengan perayaan kecil dari Guiness World Records.

Jika diukur dari dasar lembah, maka jembatan tersebut berdiri 402,57 meter diatasnya. Dengan ketinggian tersebut, menara Eiffel di Prancis-pun akan muat jika seandainya ingin diletakkan bawah jembatan tersebut.

El Puente Baluarte akan menggantikan rute pedalaman yang berkelok dari wilayah Mazatlan di Pantai Pasifik ke wilayah Durango. Diklaim bahwa rute baru ini akan memangkas waktu perjalanan menjadi 6 jam lebih cepat.

Dalam komentarnya, Presiden Felipe Calderon mengatakan,

“Proyek ini akan menyatukan orang-orang Meksiko utara yang belum pernah terjadi sebelumnya”.

Melalui jembatan ini, pemerintah Mexico berharap dapat menarik lebih banyak lapangan kerja dan juga turis. Namun beberapa kritikus mengatakan jembatan ini justru akan memberi rute baru yang lebih baik bagi para Kartel atau gembong narkoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda