Scroll to Top

Video Perbedaan Kondisi Penumpang Saat Kecelakaan di Mobil Berfitur Airbag dengan yang Tidak

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 01 Jul 2017

airbag

Airbag bisa dikatakan piranti keselamatan pada kendaraan roda empat yang sebaiknya ada di setiap unitnya. Peran airbag sangat vital dalam melindungi pengendara maupun penumpang di deretan depan agar selamat saat terjadi benturan kecelakaan. Dalam uji tabrak yang dirilis AANewZealand di YouTube memperlihatkan pentingnya airbag untuk menyelamatkan nyawa.

Jika mobil tidak ditambahkan airbag, maka pengemudi maupu penumpang depan dengan bebas dapat membentur bagian setir atau dasbor. Termasuk bila benturan itu memicu terjadinya patahan-patahan interior mobil, maka dimungkinkan melukai fisik penumpang. Berbeda hal kalau penumpang membentur airbag lebih dulu. Mereka cenderung bisa diminimalisasi untuk mengalami benturan hebat.

Sayangnya saat ini fitur airbag belum disematkan pada setiap unit roda empat. Bahkan, mobil keluaran terbaru pun tidak semuanya dibekali dengan airbag. Umumnya fitur ini baru ditanamkan pada varian tertinggi dari setiap tipe mobil. Harganya pun terbilang paling mahal dibanding varian lainnya.

Dikutip dari laman Okezone, fitur airbag belum menjadi fitur standar di setiap negara. Padahal kemunculan airbag sudah ada sejak 1970-an. Saat ini Amerika Serikat adalah salah satu negara yang mewajibkan adanya airbag di setiap mobil yang dijual di sana. Aturannya sudah ada sejak 1990-an.

Seperti apa perbedaan benturan antara mobil yang berfitur airbag dengan yang tidak? Simak videonya berikut ini:

Komentar Anda