Scroll to Top

Aktivitas Fisik Bikin Konsentrasi Makin Ciamik

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 07 Jan 2012

anak-anak olahraga

Tidak perlu takut kalau anak Anda hobi dengan kegiatan yang berbau fisik, seperti olahraga atau kegiatan fisik lainnya. Justru anak-anak dengan kebiasaan mengolah fisik inilah membuatnya mampu mengikuti agenda akademis di sekolah dengan lebih baik. Studi terbaru di Amsterdam, Belanda, mengatakan, ada keterkaitan antara kegiatan fisik dengan mengingkatnya prestasi akademik.

Saat seorang melakukan kegiatan fisik secara teratur, ada peningkatan daya konsentrasi di otaknya. Dia lebih mudah menyerap pengetahuan dan menyesuaikan diri dengan aturan yang ada di sekolahnya. Salah satu hormon yang terpacu karena aktivitas ini adalah endorfin. Hormon ini memberikan perasaan nyaman dan mengurangi tingkat stres. Alhasil, membaiknya psikologis ini memberikan dampak positif bagi kinerja seseorang.

.“Jika semakin banyak arus darah, maka semakin banyak oksigen masuk ke otak,” kata Amika Singh, seperti dikutip VOA News.

Penelitian yang dilakukan Pusat Kesehatan Universitas VU tersebut menggabungkan 14 penelitian lain  dari Amerika Utara dan Afrika Selatan. Relawannya  adalah anak-anak usia 6-18 tahun sejumlah kurang lebih 55 ribu anak. Penelitian dimuat jurnal “Archives of Pediatric and Adolescent Medicine.

Sejumlah kumpulan studi itu memang memberikan hasil yang tidak sama persis. Hanya saja, garis besarnya ada korelasi positif antara aktivitas fisik dan kegiatan belajar. Amika menyarankan, sebaiknya para pelajar diberikan program keolahragaan sebelum mereka memulai aktivitas belajarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda