Scroll to Top

Replika Honda CB500 Ini Dibuat dengan Printer 3D

By C Novita / Published on Friday, 07 Jul 2017

replika honda

Keberadaan teknologi printer 3D terbukti mampu menciptakan banyak benda yang menakjubkan dalam waktu relatif singkat, misalnya replika motor Honda CB500 1972 jadul ini. Tiruan tersebut dibuat oleh seniman dari New York, AS, Jonathan Brand memakai bahan utama plastik transparan dengan ukuran asli.

Memang tidak sekaligus menjadi bentuk sepeda motor, melainkan ia mencetaknya bagian per bagian di studio kerjanya di Connecticut.

Sebagai seniman, sepeda motor replika tersebut sudah tentu bukan dimaksudkan untuk dikendarai benar-benar. Akan tetapi sebagai karya seni, Honda CB500 plastik ini menakjubkan dilihat sebagai karya yang impresif.

Idenya berasal dari keinginan memiliki sepeda motor saat ia masih bermukim di Brooklyn. Namun dengan pertimbangan polusi  udara yang dapat dihasilkan oleh motor, maka Brand pun memutuskan untuk membuat replikanya saja.

Ia pun mencoba mencari bahan baku yang ramah lingkungan, dan akhirnya menemukan bahan plastik yang dibuat dari hasil pertanian.

“Masalah terbesar yang saya hadapi adalah mendapatkan bahan yang berkualitas di sini. Saya ingin bereksperimen dengan bahan resin tapi harganya masih terlalu mahal,” ungkap Brand, seperti dilansir laman MailOnline.

Si seniman pun akhirnya menggunakan printer tiga dimensi Ultimaker sebanyak dua unit. Ia memakai beberapa program komputer untuk menciptakan desainnya.

Komponen CB500 ia buat satu per satu, lalu di print dan dirangkai. Misalnya jok, lampu, mesin, stang, dan lainnya. Keseluruhan, ia membutuhkan waktu satu tahun menciptakan semuanya hingga sempurna.

Ketebalan plastik komponen diusahakan seragam, yakni 1 milimeter agar replika tersebut bisa terlihat transparan seperti es. Ia menghabiskan bahan plastik ramah lingkungan seberat 18 kg untuk membuat replika itu jadi dan utuh.

Ia meminta nasehat dan saran dari para ahli dan insinyur serta ahli mesin, agar karyanya benar-benar mirip dengan aslinya.

 

 

Komentar Anda