Scroll to Top

Jika Ibu Hamil Sakit Demam Tinggi, Bayi Beresiko Autisme

By C Novita / Published on Friday, 14 Jul 2017

Tidur Ibu Hamil

Saat seorang wanita sedang hamil, ia harus menjaga kesehatannya dengan baik bahkan jangan sampai mengalami demam tinggi. Jika sampai sakit maka obat-obat yang dikonsumsi pun harus dikonsultasikan dengan dokter lebih dahulu. Jangan sembarang mengonsumsi obat yang dijual bebas di warung.

Resikonya adalah kesehatan janin yang sedang dikandung, ia bisa mengalami penyakit yang tidak diinginkan, bahkan sampai besarnya kelak.

Sebuah studi dari Columbia University mengungkap bahwa apabila ibu mengalami demam tinggi saat hamil di masa rentan yakni trimester kedua, maka janin bisa mengalami resiko autisme. Obat yang tidak banyak memberi efek buruk bagi ibu dan janin adalah acetaminophen, namun studi lebih lanjut masih dilakukan.

Hasil penelitian yang telah dipublikasi pada jurnal kesehatan Molecular Psychiatry tersebut menemukan bahwa autisme memiliki kaitan dengan adanya infeksi yang dialami oleh ibu kala sedang mengandung.

Infeksi menyebabkan tubuh mengalami demam sebagai mekanisme alami melawan penyebab infeksi. Ilmuwan pun meneliti apa pengaruh suhu tubuh tinggi saat hamil, juga pengaruh memakai obat pereda demam.

Dari 100 ribu ibu dan anak-anak yang diteliti pada studi tersebut, 16 persen wanita dicatat pernah mengalami demam saat hamilnya, minimal sekali. Anak mereka dideteksi mempunyai gangguan spektrum autisme saat usia mereka antara 3-7 tahun.

Para relawan yang diteliti tersebut berasal dari Norwegia, lahir antara tahun 1999-2009.

Memang tak hanya faktor demam yang diduga menjadi sebab, karena ada faktor merokok, juga usia sang ibu saat hamil.

Namun ilmuwan menyebut risiko ibu hamil yang mengalami demam adalah 34% melahirkan bayi autisme. Perbandingannya adalah ibu yang tidak pernah demam saat hamil.

Resiko makin besar jika demam terjadi di usia rentan kehamilan yakni trimester kedua, sampai 40 %. Mengapa, karena saat itu adalah vase pembentukan otak janin yang sedang pesat.

 

 

 

Komentar Anda