Scroll to Top

Penderita Endometriosis Berpeluang Alami Radang Usus

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 07 Jan 2012

nyeri haid

Salah satu ketakutan wanita belakangan ini adalah penyakit endometriosis. Penyakit ini menyerang endometrium atau lapisan rahim. Jaringan endometrium mengalami penonjolan keluar rahim yang disertai dengan perambatan pembuluh darah. Penyakit rahim tersebut bisa menghalangi turunnya sel telur ke rahim yang berakibat pada kemandulan jika tidak segera diatasi.

Hanya saja risiko kesehatan bagi wanita pengidap endometriosis bertambah. Menurut studi dari Statens Serum Institute di Kopenhagen, Denmark, dikatakan, wanita yang  pernah atau sedang mengidap endometriosis berpeluang mengalami inflamasi (radang) usus. Potensi mereka lebih besar untuk mendapatkan sakit ini dibanding wanita yang sama sekali belum pernah menderita endometriosis.

Dr. Tine Jess, ahli epidemiologi di institut tersebut mengatakan, gejala radang usus terlihat pada saat wanita mengalami haid. Dia akan merasa nyeri hebat di sekitar perutnya. Kalau seorang wanita pernah mendapat endometriosis sebelumnya, sebaiknya segera melakukan pengecekan ke ahli kesehatan apabila ditemukan gejala seperti itu. Penanganan lebih dini bisa mencegah terjadi penyakit lain yang timbul dari efek endometriosis

Bentuk dari radang usus misalnya adalah penyakit crohn atau colitis ulserativa. Jess mengatakan, sekitar 80 persen wanita yang mendapatkan endometriosis berpeluang mengalami radang usus. Sementara itu, endometriosis bisa terjadi pada wanita subur dan mandul dengan rentang usia 25-44 tahun. Remaja wanita pun juga bisa mendapatkan sakit ini. Faktor lain yang menyebabkan  risiko endometriosis faktor keturunana, rahim abnormal, dan melahirkan pertama kali di atas usia 30 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda