Scroll to Top

Hasil F1 2017 GP Inggris: Lewis Hamilton Juara, Mercedes Dominan

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 16 Jul 2017

Hasil F1 2017 GP Inggris Lewis Hamilton Juara, Mercedes Dominan

Hasil F1 2017 GP Inggris pada Minggu, 16 Juni memastikan Lewis Hamilton merebut gelar juara. Di balapan kali ini, Mercedes tampil dominan dengan finish urutan 1-2. Rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas ada di urutan kedua, lalu disusul Kimi Raikkonen (Ferrari) di peringkat terakhir podium. Akan halnya Sebastian Vettel, hancur berantakan di nomor tujuh.

Lewis Hamilton yang sebelumnya meraih pole position ke-67 dalam kariernya, dengan mulus menaklukkan GP Inggris 2017 di Silverstone. Sejak awal Hamilton tidak terganggu siapapun untuk akhirnya meraih waktu tercepat, unggul sampai 14 detik dari Valtteri Bottas. Di sisi lain, kegigihan Bottas yang sempat terkena penalti turun lima grid cukup mengesankan. Ia memulai balapan dari nomor sembilan, dan bisa finish tujuh tingkat lebih baik.

Bottas mementahkan ambisi Kimi Raikkonen. Sang pebalap Finlandia awalnya ada di start nomor dua, tetapi pada akhirnya tidak bisa berbuat banyak untuk menghentikan kemenangan mutlak duo Mercedes. Raikkonen memiliki selisih sampai lebih dari setengah menit dari Hamilton. Tapi, yang lebih menderita adalah Sebastian Vettel.

Ia sempat berada di peringkat ketiga, menggeser Max Verstappen. Hanya saja, Vettel justru gagal mempertahankan posisinya, jatuh ke peringkat ketujuh. Tempatnya diisi oleh Verstappen yang akhirnya mengakhiri kutukan selalu DNF dalam tiga balapan terakhir, dengan menyandang peringkat keempat.

Hasil F1 2017 GP Inggris Lewis Hamilton Juara, Mercedes Dominan 2

Daniel Ricciardo, rekan setim Verstappen, adalah yang paling gagah berani. Sempat memulai balapan dari urutan belakang, ia mampu finish di urutan kelima. Sementara peringkat enam diambil oleh Nico Hulkenberg (Renault). Yang tidak kalah menarik adalah Esteban Ocon, mantan rekan Rio Haryanto, yang mendapatkan empat poin berkat menyelesaikan balapan di nomor delapan.

Ocon finish lebih baik daripada rekan setimnya sekaligus pebalap utama Force India, Sergio Perez. Untuk menutup 10 besar ada pebalap veteran Felipe Massa (Williams), yang memaksa Stoffel Vandoorne (McLaren) gagal mendapatkan poin. Sebagai catatan, ada tiga pebalap yang mengalami DNF, dan satu nama yang tidak mengejutkan dalam daftar ini adalah Fernando Alonso (McLaren).

Berikut ini hasil GP Inggris pada Minggu (16/7).

1. Lewis Hamilton    Mercedes – Mercedes    51 laps

2. Valtteri Bottas    Mercedes – Mercedes    +14.0

3. Kimi Raikkonen     Ferrari – Ferrari    +36.5

4. Max Verstappen   Red Bull – TAG    +52.1

5. Daniel Ricciardo   Red Bull – TAG    +1m 05.9

6. Nico Hulkenberg    Renault – Renault    +1m 08.1s

7. Sebastian Vettel     Ferrari – Ferrari    +1m 33.9s

8. Esteban Ocon     Force India-Mercedes    +1 lap

9. Sergio Perez     Force India-Mercedes    +1 lap

10. Felipe Massa     Williams – Mercedes    +1 lap

11. Stoffel Vandoorne     McLaren-Honda    +1 lap

12. Kevin Magnussen   Haas-Ferrari    +1 lap

13. Romain Grosjean  Haas-Ferrari    +1 lap

14. Marcus Ericsson     Sauber – Ferrari    +1 lap

15. Daniil Kvyat      Toro Rosso-Renault    +1 lap

16. Lance Stroll      Williams – Mercedes    +1 lap

17. Pascal Wehrlein      Sauber – Ferrari    +1 lap

Gagal Finish

18. Fernando Alonso     McLaren-Honda    32 laps completed

19. Carlos Sainz      Toro Rosso-Renault    1 lap completed

20. Jolyon Palmer      Renault – Renault    0 laps completed

Komentar Anda