Scroll to Top

Amankah Konsumsi Madu Berlebihan?

By C Novita / Published on Monday, 17 Jul 2017

madu-lebah

Madu memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh, sehingga konsumsi rutin dianjurkan oleh banyak pakar kesehatan. Namun, apakah boleh seseorang minum madu dalam jumlah banyak, dalam jangka waktu lama?

Pada dasarnya hukum alam bahwa berlebih-lebihan akan memberi dampak negatif, itu benar adanya. Termasuk juga dalam hal konsumsi makanan sehat. Tidak dianjurkan berlebih-lebihan untuk minum madu, walau madu mengandung nutrisi menyehatkan.

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan glukosa di manisnya madu sama dengan gula. Berlebihan mengonsumsinya sama dengan mengundang penyakit. Tidak dianjurkan untuk minum madu lebih dari 10 sendok per hari.

Dampak buruk jika Anda nekat minum madu berlebihan, bisa terjadi dalam jangka pendek atau jangka panjang. Dilansir laman Livestrong, jangka pendeknya adalah masalah pencernaan seperti  kram perut, kembung, dan diare.

Itu disebabkan oleh fruktosa madu yang mengganggu kerja usus kecil dalam menyerap nutrisi tubuh. Hasilnya, perut akan merasa tidak nyaman.

Dampak jangka panjangnya, anda bisa mengalami masalah di saluran gastrointestinal. Pencernaan Anda akan sulit melakukan tugasnya menyerap nutrisi.

Kandungan asam dalam madu juga dapat merusak enamel gigi dan lapisan kerongkongan, perut, dan usus. Gula yang berlebihan bisa memicu ketidaksensitifan tubuh terhadap insulin, dapat mengundang penyakit diabetes.

Jadi segala sesuatu memang tak boleh berlebihan dikonsumsi, termasuk juga madu.

Komentar Anda