Scroll to Top

Jelang Duel vs Persija, Fans Espanyol Berang Timnya ‘Pakai Jersey Klub Lain’

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 17 Jul 2017

Jelang Duel vs Persija, Fans Espanyol Berang Timnya 'Pakai Jersey Klub Lain' 2

Jelang duel Espanyol vs Persija pada Rabu 19 Juli 2017, fans klub berjuluk Los Periquitos masih menyimpan rasa berang. Gara-garanya adalah pemilihan jersey Espanyol musim ini. Tidak sedikit yang menyebutkan, Espanyol ibarat memakai jersey klub lain, karena menghilangkan format biru-putih vertikal yang sudah menjadi ciri khas mereka.

Dalam pertandingan Espanyol melawan timnas U19 pada Sabtu lalu, kita yang biasa mengikuti perkembangan tim La Liga ini akan sedikit tercenung. Bukan karena tingkah para pemain Espanyol, tetapi karena jersey mereka yang di luar kebiasaan. Yaitu, dominan warna biru, dengan garis putih di bagian sisi kostum.

Normalnya, dari tahun ke tahun, Espanyol menggunakan jersey utama dengan format garis biru-putih vertikal. Namun musim depan, mereka mengubah gaya. Sialnya penyegaran ala Espanyol ini dianggap melanggar tradisi oleh sebagian fans mereka.

Jelang Duel vs Persija, Fans Espanyol Berang Timnya 'Pakai Jersey Klub Lain'

Pasalnya, fans lebih suka dengan jersey terdahulu. Bahkan menuding jersey baru mereka lebih mirip dengan jersey Getafe. Kita bisa memaklumi penilaian fans ini karena julukan Getafe adalah Los Azulones (Si Biru Laut) dan jersey terbaru Espanyol lebih menampilkan dominasi warna biru tersebut, daripada julukan mereka, Los Blanquiazules (Putih dan Biru)

Sejak jersey ini dirilis pada 22 Juni 2017 lalu, komplain sudah diperdengarkan dari banyak fans. Komplain itu mulai dari ‘status jersey yang jauh dari tradisi’ hingga ucapan ‘harus membayar 69,99 Euro untuk jersey seperti ini?’.

Joma, sebagai apparel yang mendesain jersey, punya alasan tersendiri untuk melanggar tradisi. Menurut mereka, toh jersye ini masih tetap menggambarkan warna kebanggaan Espanyol. Tapi apa boleh buat, bagi sebagian fans, Espanyol musim depan, dilihat dari jersey semata, adalah Getafe atau Real Oviedo ‘yang sedang menyamar’.

Komentar Anda