Scroll to Top

Trio Jebolan La Masia di Espanyol Siap “Membalas Dendam” di Derby Catalan

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 08 Jan 2012

Jebolan akademi La Masia bertebaran di luar negeri. Mulai dari Liga Inggris, Liga Portugal, sampai Liga Italia. Dari pemain “tua” seperti Mikel Arteta sampai anak ingusan seperti Oriol Romeu.

Nama La Masia akan semakin harum jika kita melihat, ada tiga pemain Espanyol yang berasal dari akademi penetas Lionel Messi ini. Mereka adalah Raul Baena, Juan Verdu, dan tentu saja sang penyerang yang mungkin bisa menyalip Fernando Torrres di skuad Spanyol Euro 2012, Sergio Garcia.

Raul Baena

Raul BaenaRaul Baena, pemuda berusia 22 tahun, memulai karier juniornya bersama Malaga, kota tempatnya lahir. Kemudian, ia dimatangkan di La Masia selama empat tahun, sejak 2003 hingga 2007.

Espanyol membidik kemampuan gelandang jangkar ini. Ia ditarik pada tahun 2007 di usia 18 tahun untuk melakoni “masa percobaan” di Espanyol B.

Tahun 2009, Baena mulai menunjukkan kualitasnya. Pemain Spanyol U-21 ini mendapatkan peran penting di lini tengah Espanyol.

Musim ini saja, ia sudah tampil 15 kali. 7 di antaranya bermain sebagai salah satu Starting XI Mauricio Pochettino.

Joan Verdu

Joan_VerduSeperjalanan dengan Baena, ada Joan Verdu yang menjabat sebagai wakil kapten Espanyol. Sang nomor 10 bermain di tim utama Espanyol pada tahun yang sama dengan Baena, 2009.

Sebelumnya, lepas dari La Masia, Verdu sempat memperkuat Barcelona B. Bahkan, ia menjadi pemain kunci klub muda tersebut selama empat tahun. Tak menembus tim utama, Verdu melebarkan sayap ke Deportivo La Coruna.

Di klub yang sekarang berkutat di Segunda Division, Verdu juga menahbiskan diri sebagai pemain inti. Kecintaannya pada Catalanlah yang membuat Verdu kembali ke Espanyol pada 2009. Sejak saat itu pula perannya di lini tengah klub Parkit, tak tergantikan.

Musim ini, sang kreator lapangan sudah bermain 16 kali sebagai starter di Espanyol atau selalu tampil di ajang La Liga. Kemampuan tendangan bebasnya bisa menjadikan Espanyol sebagai lawan menakutkan Barcelona di Cornella El-Prat.

Sergio Garcia

Sergio GarciaSatu lagi nama yang tak boleh dilupakan. Sergio Garcia. Pemain bernama lengkap Sergio García de la Fuente pernah mengecap laga bersama Barcelona senior empat kali.

Tak mendapatkan tempat di skuad utama, jebolan La Masia periode 1995–2002 ini kemudian berlabuh ke beberapa tempat. Levante, Real Zaragoza, dan Real Betis menjadi pilihan pemain bertinggi 174 cm. Sebelum, akhirnya kembali ke Catalan dengan bermain untuk klub tetangga, Espanyol.

Musim ini torehan golnya melesat ke angka 5. Pemain yang sudah dua kali membela Spanyol ini juga bisa memberikan terapi kejut untuk Victor Valdes.

Setidaknya, ketiga pemain ini bisa membuktikan dua hal. Mungkin mereka akan berkata, sayang sekali Barcelona tak mau meneruskan memakai jasa ketiganya. Mungkin pula Derby Catalan di Cornella El-Prat menjadi pembuktian bahwa mereka tidak cukup layak menjadi klub kebanggaan kebanyakan rakyat Catalan. Who Knows?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda