Scroll to Top

Wow, Prangko Tahun Naga di China Banyak Diburu

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 08 Jan 2012

dragon year stamp

Salah satu souvenir yang bisa Anda beli di suatu negara adalah prangko. Nah, menyambut tahun baru China (Imlek) yang jatuh pada 23 Januari nanti, Kantor Pos China menerbitkan prangko dengan tema Tahun Naga.

“Dalam keseharian masyarakat, naga dipercaya untuk mengusir roh jahat, mencegah bencana dan memberikan berkat,” kata Chen Shaohua, juru bicara Kantor Pos China, seperti dikutip BBC.

Hanya saja, bagi sebagian masyarakat di sana, desain yang dirancang terlalu menakutkan. Naga yang muncul bukan sosok yang seperti biasa dilihat pada kebanyakan gambar. Rancangannya memadukan unsur masa lalu dan modern. Namun, sosok kejam justru yang tampil dalam prangko. Naga tersebut memiliki cakar, bersisik, sembari memamerkan gigi yang tajam. Rancangan ini sempat jadi buah bibir di media massa setempat dan jejaring sosial di China.

Meski begitu, banyak masyarakat yang antusiuas untuk tetap memburunya. Dilaporkan, penjualan benda filateli seri Tahun Naga ini ludes di beberapa kantor pos pada penjualan hari pertama. Seorang kolektor prangko di Beijing mengatakan, rancangan prangko tersebut  sangat bagus dan layak beli. Persepsi orang memang beda akan koleksi ini.

Masyarakat China mulai mengenal prangko sejak kekaisaran Dinasti Qing. Itu terjadi sekitar tahun 1878. Prangko pertama kali itu bergambar Naga Raksasa.

Asyiknya berburu prangko di setiap negara yang Anda kunjungi adalah nilai investasinya. Selain Anda puas mengoleksi benda ini, Anda bisa menjualnya kembali dengan harga yang sama saat membeli, atau lebih tinggi dari itu. Selama kondisi prangko terawat, bisa menjadi nilai investasi bagi Anda di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda