Scroll to Top

Juara Europa League Bisa ke Liga Champions, Arsene Wenger Tak Sepakat

By Wan Faizal / Published on Saturday, 05 Aug 2017

Wenger

WengerManajer Arsenal, Arsene Wenger, menyatakan rasa tidak sepakatnya mengenai sistem yang memperbolehkan juara Europa League bisa langsung masuk ke babak grup Liga Champions di musim berikutnya. Atas beberapa dasar, Wenger sangat menentang format tersebut meski musim ini Arsenal akan berlaga di Europa League.

Dalam dua musim terakhir, Sevilla dan Manchester United mendapatkan tiket lolos ke babak grup Liga Champions meski secara peringkat di liga mereka berada dalam posisi yang tidak menguntungkan. Namun keberhasilan mereka menjuarai Liga Champions menjadi berkah tersendiri meski kini Wenger menyuarakan rasa tidak sepahamnya dengan aturan seperti itu.

“Saya selalu menentang hal tersebut. Karena selain Manchester United yang memenangi kompetisi musim lalu, tim-tim yang menjadi juara sebelumnya adalah tim buangan dari Liga Champions (peringkat ketiga di babak grup). Sekarang kamu tidak bisa memasuki musim baru dan berpikir bahwa kamu bisa lolos ke Liga Champions dengan cara memenangi Europa League,” jelas Wenger.

“Menurut saya, hal seperti itu bisa mempengaruhi kompetisi di liga masing-masing. Ketika kompetisi masuk bulan April, sebuah tim bisa berpikir bahwa mereka akan lebih baik memenangi Europa League saja dan membiarkan tim lain bersaing di liga. Hal seperti itu bisa menodai sebuah kompetisi!”

Musim lalu Arsenal memang pantas sakit hati dengan apa yang terjadi di liga. Mereka memang tersingkir dari persaingan menuju Liga Champions karena hanya berada di peringkat kelima, yakni dibawah Chelsea, Tottenham Hotspur, Manchester City, dan Liverpool yang masuk via babak play-off.

Sedangkan United seperti sudah fokus ke Europa League saja ketika mengetahui peluang mereka untuk menembus Liga Champions via jalur liga menjadi semakin berat. Hal tersebut tentunya juga ikut merugikan Arsenal karena persaingan di liga menjadi sudah tidak sehat lagi.

Komentar Anda