Scroll to Top

Honda Terapkan Fitur Airbag Pada Honda PCX

By Ilham Choirul / Published on Monday, 07 Aug 2017

honda pcx

Bukan hanya untuk mobil saja, saat ini Honda mulai mengembangkan airbag atau kantung udara sebagai fitur keselamatan untuk produk roda duanya. Sebagai awalan, Honda sudah menambahkan airbag pada Honda Goldwing GL1800. Kendaraan ini adalah motor gede yang menjadi andalan untuk motor touring. Kini Honda mengembangkan airbag untuk skuter Honda PCX.

Dikutip dari Detik Oto, Honda telah mendemonstrasikan fitur baru tersebut. Adanya airbag di skuter ini merupakan hasil kerja sama dari Honda yang berkolaborasi dengan Autolive. Autolive dikenal sebagai perusahaan pemasok sistem keamanan.

Airbag yang ada di Honda PCX akan melindungi pengendara saat motor mengalami kecelakaan tertentu. Airbag dapat menurunkan risiko cedera pengendara yang menabrak objek lain dari bagian depan.

“Dalam banyak kecelakaan sepeda motor, sebuah sepeda motor menabrak sisi mobil. Jadi, airbag ini bisa berkontribusi mengurangi jumlah korban,” kata Honda.

Prinsip kerjanya sama seperti airbag pada mobil. Ada sensor akselerasi yang ditempatkan pada depan kendaraan. Fungsinya untuk mendeteksi saat terjadi tabrakan. Jika tabrakan tidak terhindarkan, airbag segera mengembang dalam tempo hanya 0,04 – 0,05 detik. Sehingga dengan mengembangnya kantung, maka risiko luka parah dapat dikurangi.

Bukan hanya Honda yang menerapkan airbag dikhususkan untuk pengendara roda dua. Setidaknya ada produk jenis lain seperti Dainese D-Air atau Alpinestars Tech-Air yang berupa pakaian dengan kelengkapan airbag.

Komentar Anda