Scroll to Top

Beda Mourinho & Zidane? Marcelo: Gelar Zizou Lebih Banyak!

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 08 Aug 2017

Zinedine Zidane Madrid Memang Harus Akhiri Puasa Lima Tahun

Apa perbedaan antara Jose Mourinho dan Zinedine Zidane? Pertanyaan itu begitu penting dijawab menjelang Piala Super Eropa 2017 pada Rabu (9/8) ini. Pasalnya, Mou adalah mantan pelatih Real Madrid yang kini menjadi manajer Manchester United. Tentang perbedaan ini, kapten kedua Los Blancos, Marcelo menyebutkan, perbedaan terletak pada jumlah gelar yang dimenangi kedua pelatih bersama kubu Santiago Bernabeu.

Jose Mourinho pernah mengantarkan keindahan di Real Madrid. Sejak kehadirannya, Los Blancos kembali kompetitif di Eropa. Namun, di akhir masa kekuasaannya, Mourinho berperang dengan para penguasa ruang ganti Real Madrid seperti Sergio Ramos dan Cristiano Ronaldo. Akibatnya, Mou keluar dengan cara yang tidak pantas. Gelar yang didapatkannya pun tergolong sangat minimal dengan kekuatan uang yang dimiliki oleh Los Blancos.

Mourinho hanya mendapatkan gelar Liga Spanyol sekali, Copa del Rey sekali, dan Piala Super Spanyol sekali. Meski menembus semifinal Liga Champion tiga kali beruntun, Mou tak pernah berhasil merebut gelar harapan Florentino Perez tersebut.

Lain halnya Zinedine Zidane. Ia tidak mendapatkan kekuasaan sebanyak Mourinho. Ia bahkan datang setelah periode gelap Real Madrid bersama Rafael Benitez. Namun gelar yang didapatkannya justru luar biasa: dua gelar Liga Champion, satu Liga Spanyol, satu Piala Super Eropa, dan satu Piala Dunia Antar Klub.

James Rodriguez Ngamuk Karena Diganti, Zidane Itu Normal! a

Baik Mourinho maupun Zidane sama-sama digelari sebagai pelatih terbaik. Namun Marcelo menegaskan, ada perbedaan penting dari keduanya. Sang bek kiri internasional Brazil menuturkan, “Tentu, ada perbedaan tapi saya tidak tahu bagaimana mengatakannya. Saya pernah bermain di bawah (komando) Mou, dan dia adalah manajer hebat dan dia membantu kami memperjuangkan gelar juara.”

“Dengan Zizou juga, Anda tahu pendapatnya tentang dia. Perbedaannya adalah (jumlah gelar) yang kami dapatkan bersama Mou dan (dibandingkan) dengan Zidane.”

Di Piala Super Eropa 2017 pada Rabu (9/8) mendatang, Marcelo menegaskan, niatan Real Madrid bukanlah sekadar menjatuhkan Jose Mourinho. Tetapi mendapatkan gelar juara kompetisi tersebut dalam dua tahun berturut-turut.

Katanya, “Kami sangat senang bisa bermain final (Piala Super Eropa 2017) ini dan tidak masalah melawan siapa. Kami tahu mereka memiliki tim yang sangat bagus, kami bermain di pra-musim melawan mereka tapi kali ini pasti berbeda. Kami akan memberikan segalanya. Motivasi untuk mempertahankan martabat Real Madrid sampai mati tidak akan berubah. “

Komentar Anda