Scroll to Top

Real Madrid vs Manchester United: Ini Dia Statistik Piala Super UEFA!

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 08 Aug 2017

Real Madrid vs Manchester United 4

Duel Real Madrid vs Manchester United pada Rabu (9/8) pukul 01.45 WIB akan membuat kita menengok statistik Piala Super UEFA sepanjang masa. Dominasi Spanyol selama ini sangat terlihat dengan memenangi tujuh dari delapan edisi terakhir kompetisi ini. Sebaliknya, hanya ada satu tim Inggris yang juara sejak 1998.

Laga Madrid vs Man Utd di Skopje Makedonia membuat semua orang bertanya, siapa raja Eropa yang sesungguhnya. Apakah Real Madrid yang merupakan juara Liga Champion musim lalu? Ataukah Manchester United sang pemenang Liga Europa 2017? Kedua tim tidak terhitung lagi, adalah penguasa dalam sejarah sepakbola benua biru, dan kali ini harus saling bunuh.

Catatan statistik menunjukkan, Real Madrid sudah tampil lima kali di Piala Super Eropa. Mereka memenangi tiga di antaranya yaitu pada 2002, 2014, dan 2016. Sebaliknya, Manchester United baru tiga kali tampil di kompetisi ini; dan memenangi satu gelar pada tahun 1991.

Kemudian jika bicara rekor pertemuan kedua tim di level Eropa, duel esok hari adalah pertarungan ke-11 dalam sejarah Real Madrid vs Manchester United. Los Blancos unggul dengan empat kemenangan dan empat seri; sementara United hanya berhak meraup dua kali menang dari sang raja asal Spanyol.

Real Madrid vs Manchester United 1

Jaminan gol? Jangan tanya lagi. Dalam lima edisi terakhir Piala Super Eropa sudah ada 25 gol yang tercipta. Musim lalu, Real Madrid menjadi juara dengan kemenangan 3-2 atas Sevilla. Musim sebelumnya, gelar itu dimiliki Barcelona dengan menaklukkan lawan yang sama, Sevilla, melalui skor lebih berdarah 5-4.

Pengaruh Ronaldo untuk laga ini? Semua orang tentu ingin melihat apakah CR7 bakal diturunkan Zinedine Zidane menghadapi klub lamanya atau tidak. Sebagai catatan, lima dari enam gol terakhir Real Madrid ke gawang Manchester United, dicetak oleh Ronaldo. Tetapi, dua Ronaldo yang berbeda. Ronaldo pertama adalah Ronaldo Nazario yang mengemas tiga gol, dan Ronaldo kedua tentu CR7 yang sudah membobol gawang mantan dua kali.

Nah, siapa pemenang Piala Super Eropa tahun ini? Mungkinkah Real Madrid mempertahankan gelar? Ataukah Jose Mourinho mendapatkan gelar ketiganya tahun 2017 ini?

Komentar Anda