Scroll to Top

Bermain Dimanakah Sneijder Musim Depan?

By Wan Faizal / Published on Friday, 24 Jun 2011

Gelandang serang Inter Milan, Wesley Sneijder, menjadi salah satu pemain yang paling diburu pada bursa transfer musim panas ini. Chelsea, Manchester United, Manchester City, dan Real Madrid menjadi klub-klub yang dikaitkan dengan pemain asal Belanda tersebut.

Kebutuhan Chelsea, United, dan City akan adanya gelandang serang berkualitas adalah faktor mengapa mereka menginginkan Sneijder. Sedangkan khusus untuk Madrid, rasanya semua pecinta sepakbola sudah paham soal kebiasaan mereka mengumpulkan para bintang di bursa transfer, meski pemain itu belum tentu dibutuhkan oleh tim.

Meski menegaskan ingin bertahan di Inter, Sneijder juga tak menutup kemungkinan untuk pindah ke klub lain. “Saya mencintai Inter dengan segenap hati saya. Tapi hanya Tuhan yang tahu bagaimana masa depan saya,” ujarnya.

Presiden I Nerazzurri, Massimo Moratti, langsung bereaksi. Ia menegaskan tidak akan menjual pemain-pemain penting di klubnya seperti Sneijder, Maicon, dan Samuel Eto’o.

“Yang bisa saya katakana terkait semua rumor tersebut adalah mereka (Sneijder, Maicon, dan Eto’o) telah berbicara pada saya bahwa mereka ingin bertahan di Inter,” ucap Moratti.

Tapi, bukankah apa yang dikatakan Sneijder benar? Bahwa tidak ada yang mengetahui masa depan seseorang selain Tuhan. Lalu, kemanakah sang playmaker itu akan bermain musim depan?

Chelsea

Sneijder merupakan salah satu pemain yang diinginkan oleh Guus Hiddink jika ia jadi membesut The Blues. Gaya permainan Sneijder memang disukai oleh Hiddink.

Tapi, jika kita perhatikan tipe gelandang yang dibeli oleh Roman Abramovich, hampir semuanya adalah gelandang bertipe pekerja keras. Seperti Michael Essien, John Obi Mikel, dan Ramires. Terakhir kali mereka membeli gelandang bertipe playmaker adalah pada musim 2008-2009 ketika mereka mendatangkan Deco dari Barcelona.

Musim panas ini, Chelsea menargetkan bisa mendapatkan salah satu dari Sneijder, Kaka, atau Javier Pastore. Patut diketahui, ketiganya adalah gelandang bertipe playmaker yang stylish.

Mengingat kebiasaan Abramovich yang tak ragu mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan seorang pemain, bukan tak mungkin Sneijder, atau salah satu dari ketiganya, akan mendarat di Stamford Bridge musim panas ini.

Manchester United

Sejak lama Sir Alex Ferguson mengagumi sosok Sneijder. Terhitung sejak Sneijder masuk ke tim utama Ajax Amsterdam hampir satu dekade lalu.

Saat ini, kebutuhan United akan gelandang serang berkualitas sangat mendesak menyusul pensiunnya Paul Scholes. Gelandang-gelandang yang dimiliki United saat ini sepertinya belum ada yang masuk kriteria untuk menempati pos gelandang serang.

Darren Fletcher, Michael Carrick, Darron Gibson adalah gelandang yang lebih bagus dimainkan sebagai pembagi bola di lini tengah. Sedangkan pemain muda yang baru kembali dari masa peminjamannya, Tom Cleverley, sepertinya masih belum pantas untuk menggantikan posisi Scholes.

Dan rasanya Fergie akan sepakat jika Sneijder adalah pilihan yang sempurna untuk mengisi posisi itu.

Manchester City

Sejak dibeli pengusaha kaya raya dari Timur Tengah, City selalu dihubung-hubungkan dengan pemain-pemain top di bursa transfer. Kekuatan uang City adalah penyebabnya.

Kehadiran Sneijder di City tentu akan menambah dahsyat kekuatan lini tengah The Citizens. Tugas dari David Silva, James Milner, Yaya Toure, Nigel de Jong, maupun Adam Johnson tentu akan terbantu dengan kehadiran Sneijder.

Kolaborasinya dengan mantan rekannya di Inter, Mario Balotelli, Carlos Tevez, dan David Silva akan menjadikan kekuatan lini serang City sangat menakutkan.

Real Madrid

Apakah Madrid benar-benar membutuhkan Sneijder? Mengingat di pos gelandang serang mereka sudah memiliki Mesut Ozil, Angel Di Maria, Cristiano Ronaldo, dan sejumlah nama beken lain. Jika pertanyaan itu diarahkan ke Jose Mourinho, mungkin jawabannya adalah “iya”.

Bisa dimaklumi, mengingat kerjasama keduanya di Inter berbuah treble winners pada musim 2009-2010 lalu. Tentu saja keduanya pasti ingin mengulangi hal itu lagi.

Tapi jika menyimak ucapan Sneijder yang masih sakit hati dengan Madrid, rasanya peluang Madrid untuk mendapatkannya nyaris tertutup. Seperti diketahui, Sneijder pernah bermain bagi Madrid pada musim 2007-2009. Namun, di akhir musim ia malah dibuang ke Inter. Padahal saat itu ia berujar bahwa masih ingin bermain bagi Madrid.

Inter Milan

Sneijder menegaskan bahwa dirinya belum tentu hengkang dari Giuseppe Meazza, meski ia tidak menutup kemungkinan pindah ke klub lain.

Seluruh elemen Inter, baik presiden, jajaran staf pelatih, para pemain, dan fans tentu tidak ingin kehilangan pemain berkelas seperti Sneijder. Apalagi Inter sedang mencanangkan misi untuk bangkit kembali meraih scudetto yang musim lalu lepas ke tangan rival sekota mereka, AC Milan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda