Scroll to Top

Film ‘Toilet’ Dikecam karena Mirip Kasus Pemerkosaan dan Pembunuhan di Gangnam

By Ika / Published on Friday, 11 Aug 2017

Toilet Movie

Film Korea terbaru berjudul ‘Toilet‘ garapan sutradara Lee Sang Hun mendapat kecaman keras dari banyak orang. Film bergenre thriller tersebut dituding mirip dengan kasus pemerkosaan sekaligus pembunuhan yang pernah terjadi di Gangnam tahun 2016 lalu.

Kasus ini sendiri memang sangat menyita perhatian publik Korea, di mana saat itu ada seorang wanita yang menjadi korban perkosaan dan pembunuhan oleh seorang pria di sebuah toilet umum wanita di stasiun Gangnam. Si tersangka diketahui sengaja mengincar mangsa di tempat itu dan menunggu selama sekitar satu jam.

Sementara itu, film ‘Toilet’ ternyata memiliki sinopsis serupa sehingga banyak orang yang menuding kalau film ini memang sengaja ‘menjiplak’ pembunuhan Gangnam, dan tentu saja hal ini dianggap tidak pantas karena bisa melukai perasaan keluarga korban.

Terkait masalah ini, sutradara ‘Toilet’ akhirnya angkat bicara dan membantah kalau filmnya berdasarkan kisah nyata. Ia pun menegaskan kalau film ini dibuat untuk membuat orang lebih waspada terhadap kejahatan yang bisa terjadi di sekitar mereka.

“Film Toilet tidak ada hubungannya dengan kasus di Stasiun Gangnam,” katanya. “Toilet adalah film yang dibuat oleh orang-orang yang ingin menyuarakan kewaspadaan terhadap kejahatan semacam ini.”

“Pesan film ini adalah tidak ada kejahatan yang sempurna, dan kriminal harus dihukum,” lanjutnya. “Walau begitu aku ingin meminta maaf bila hal ini menimbulkan ketidaknyamanan dan kesalahpahaman.”

Komentar Anda