Scroll to Top

Sergi Roberto, Pemain ke-12 Barcelona, Bakal Dibeli Juventus?

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 Aug 2017

Sergi Roberto

Sergi Roberto, pemain yang selama ini disebut sebagai ‘kartu ke-12′ Barcelona tengah di ambang batas. Dengan klausul pemutusan kontrak yang begitu rendah, 40 juta Euro, dia sangat menggoda klub-klub elite Eropa. Juventus, Chelsea, dan Manchester United sedang membidik kemungkinan merekrut sang gelandang.

Dalam tiga musim terakhir, Sergi Roberto menjadi tokoh penting bagi Barcelona. Dia yang posisi aslinya adalah gelandang, diplot sebagai bek kanan, dan bekerja dengan apik. Namun musim ini, pelatih Ernesto Valverde punya pendapat lain. Dia ingin melihat kemampuan sejati Roberto di lini tengah Barca.

Ini adalah keputusan yang penuh risiko. Menempatkan Sergi Roberto di sana akan membuat dirinya berbenturan dengan Sergio Busquets, Ivan Rakitic, dan Andres Iniesta yang selama ini menjadi dewa zona tengah klub Catalan. Artinya, Roberto bisa menjadi supersub saja, berbeda dengan musim-musim sebelumnya yang masuk dalam starting XI.

Maka, jika Sergio Roberto hanya mengejar menit bermain, mungkin saja dia tidak akan mendapatkan waktu sebanyak dahulu. Namun, jika ia ingin membuktikan diri dan menikmati peran di posisi aslinya, Roberto wajib bertahan di klub Catalan. Mengingat usia Busquets, Iniesta, dan Rakitic sudah tidak muda lagi.

Berita Euro 2016 Sergi Roberto Wajib Masuk Timnas Spanyol, Klaim Luis Enrique

Baik Chelsea, Manchester United, maupun Juventus siap menyodorkan tawaran eksklusif kepada Sergi Roberto; yaitu posisi inti dalam tim, yang tidak bisa dijamin oleh Valverde di Barcelona. Bahkan tiga klub tersebut siap memberikan gaji dua kali lipat.

Namun sang pemain sendiri lebih suka bertahan di Camp Nou. Sebagai jebolan akademi La Masia, Roberto bakal menjadi salah satu bagian penting dalam revolusi Barca, yang musim lalu cuma bisa memetik satu gelar utama. Maka, pertandingan El Clasico di Piala Super Spanyol 2017 mendatang akan sangat krusial.

Jika Roberto dimainkan dalam starting XI, maka dia sadar, jaminan bertahan di Barcelona lebih terbuka dari kemungkinan pindah ke klub manapun. Dan hal itu bakal berpengaruh pada kesediaannya memperbarui kontrak yang sejatinya habis pada 30 Juni 2019, atau dua tahun lagi.

Komentar Anda