Scroll to Top

Soal Bakat, Cristiano Ronaldo Kalah Dari Ronaldo Brazil!

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 Aug 2017

Cristiano Ronaldo Aku Bukan Malaikat, Tapi Juga Bukan Iblis! (1)

Jika sepakbola hanya bicara soal bakat, maka Cristiano Ronaldo kalah dari Ronaldo Nazario dari Brazil. Demikian yang disampaikan oleh pelatih legendaris Arrigo Sacchi. Namun, menurut Sacchi, sepakbola juga punya faktor lain: kerja keras. Dan di sinilah CR7 lebih unggul daripada siapapun.

Ronaldo Brazil sering disebut sebagai striker murni terbaik sepanjang masa. Dia memimpin barisan depan Real Madrid selama lima tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Ronaldo mencetak 104 gol dalam 177 penampilan di Santiago Bernabeu. Jumlah yang super fantastik.

Tetapi ada Cristiano Ronaldo yang dalam tempo delapan tahun, menjadi top skor Real Madrid sepanjang masa. Tidak hanya menyalip catatan Ronaldo ‘lama’, tetapi juga menyalip pemain paling legendaris Madrid, Raul Gonzalez. Padahal, menurut Sacchi, jika melihat bakat semata, Ronaldo Brazil adalah yang terbaik.

Cuma, Cristiano Ronaldo bukan cuma seseorang yang mengandalkan bakat. Dia membentuk diri dengan kerja keras yang tanpa henti. Konsistensi Ronaldo dalam sembilan tahun bersaing dengan Lionel Messi; dan kini memasuki tahun kesepuluh, menunjukkan kekuatan kerja keras ini.

Cristiano Ronaldo Lebih Banyak Cetak Gol Dari 113 Tim di Liga Champions! 2

Sacchi kemudian melukiskan kepada Corriere dello Sport, “Saya pernah bertemu Carlo Ancelotti saat berada di Real (Madrid), dan tahukah Anda siapa yang bekerja keras di sana satu setengah jam sebelum latihan? Cristiano Ronaldo!”

“Ronaldo yang lain, Ronaldo Brasil, memiliki kualitas lebih tapi dia tidak bertahan lama (tidak cukup konsisten dalam satu dekade) karena dia mencari hak istimewa, dia tidak ingin banyak berlari.”

Bagi Arrigo Sacchi, jika ada sosok yang bisa menjadi contoh bagi semua pemain di antara dua Ronaldo itu, maka Cristiano Ronaldo adalah sosok yang lebih ideal. Pasalnya, ia memadukan bakat dan kerja keras untuk benar-benar menjadi pemain terbaik.

“Cristiano Ronaldo adalah seorang profesional teladan, psikologi kognitif mengajarkan kepada kita bahwa Anda tidak terlahir dengan bakat, (bakat) itu adalah sesuatu yang harus Anda kerjakan setiap hari. Begitulah dia. Dia mengangkat Real tinggi-tinggi, Real membangkitkannya.”

Komentar Anda