Scroll to Top

Iran Hukum Dua Pemain Sepakbola Karena Mau Tampil Lawan Klub Israel

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 11 Aug 2017

Iran Hukum Dua Pemain Sepakbola Karena Mau Tampil Lawan Klub Israel 2

Iran menghukum dua pemain sepakbola, Masoud Shojaei dan Ehsan Haji Safi, dengan sanksi tidak boleh membela timnas negara mereka. Alasannya, karena mereka berdua bersedia tampil melawan klub Israel, Maccabi Tel Aviv dalam pertandingan Liga Europa. Keputusan dua pemain itu bertentangan dengan kebijakan politik Iran.

Kapten Iran Masoud Shojaei, 33 tahun, dan gelandang Ehsan Haji Safi, 27 tahun, bermain untuk klub asal Liga Yunani, Panionios. Sebagai pemain profesional, mereka harus siap turun kapanpun. Permasalahannya, pekan lalu, Panionios bertarung menghadapi Maccabi Tel Aviv pada 3 Agustus.

Saat Panionios bertarung di leg pertama di kandang Maccabi Tel Aviv, dua pemain Iran itu duduk di bangku cadangan. Tapi saat klub mereka bermain di kandang sendiri, mereka turun; dan bagi Iran ini adalah pelanggaran besar karena negara tersebut tidak mau berhubungan apapun dengan Israel.

masoud-shojaei-31611

Iran memang sudah lama tidak mengakui Israel sebagai sebagai negara. Mereka juga melarang semua atlit untuk bermain melawan tim Israel manapun. Di sinilah Shojaei dan Haji Safi ditegaskan berbuat salah.

Wakil Menteri Olahraga Iran,  Mohammad Reza Davarzani mengungkapkan, “Sudah pasti Masoud Shojaei dan Ehsan Haji Safi tidak akan pernah dipanggil lagi untuk bergabung dengan tim sepak bola nasional karena mereka melanggar garis merah.”

“Mereka memiliki kontrak finansial dengan klub yang harus dipenuhi; dan mereka harus bermain untuk tim tersebut, tapi bermain dengan wakil rezim yang menjijikkan (yaitu Israel) … ini tidak dapat diterima oleh orang-orang Iran.”

Masoud Shojaei – yang telah mendapatkan 70 caps internasional – berperan penting dalam membantu Iran mengamankan tempat di Piala Dunia 2018. Sementara Ehsan Haji Safi yang sudah mengoleksi 84 caps, juga merupakan salah satu pemain veteran di timnas Iran.

Komentar Anda