Scroll to Top

Maroko Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026!

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 12 Aug 2017

Maroko Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026!

Maroko, melalui federasi sepakbola mereka FRMF, resmi maju sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. Selama ini, negara Afrika tersebut selalu hanya mentok sebagai kandidat tuan rumah saja. Tapi untuk ajang yang digelar sembilan tahun lagi, Maroko yakin sudah siap menjadi penyelenggara turnamen yang bakal melibatkan 48 negara tersebut.

Piala Dunia 2026 akan tercatat dalam sejarah. Bukan apa-apa, di turnamen terbesar sejagat itu, akan ada pembengkakan peserta. Sampai Piala Dunia 2022 di Qatar, negara peserta yang akan berlaga di putaran final hanyalah 32. Namun mulai 2026 jumlahnya mencapai 48 alias bertambah 16 negara lagi.

Atas dasar itulah, siapa tuan rumah di Piala Dunia tersebut akan sangat krusial. Banyak yang menyebutkan, normalnya Piala Dunia di tahun tersebut diselenggarakan oleh beberapa negara, mengulang kesuksesan Korea Selatan-Jepang pada tahun 2002. Dengan tuan rumah bersama ini, pengeluaran bakal lebih irit.

Jerman U21 Sukses di Piala Eropa, Generasi Calon Juara Piala Dunia 2022

Ide ini yang diusung oleh Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada. Tiga negara asal zona CONCACAF tersebut siap mengambil jatah tuan rumah, karena terakhir kali sebuah negara CONCACAF menjadi penyelenggara Piala Dunia adalah pada Amerika Serikat 1994.

Tetapi ada lawan mereka, Maroko. Dikutip dari AS, federasi setempat FRMF sudah menyampaikan kepada FIFA tentang keseriusan menyelenggaran ajang ini. Maroko sendiri sebelumnya sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah pada 1994, 1998, 2006 dan 2010.

Jika percobaan kelima ini berhasil, maka Maroko akan menjadi negara Afrika kedua yang berhak menyelenggarakan Piala Dunia. Sebelumnya hanya ada satu negara Afrika yang ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah, yaitu Afrika Selatan pada Piala Dunia 2010 lalu.

Maroko sendiri sebelumnya pernah nyaris menjadi tuan rumah Piala Afrika 2015. Namun di detik-detik akhir, mereka mundur dari status penyelenggara terkait wabah ebola yang merebak di sebagian wilayah Afrika Utara. Jadi, Piala Dunia 2026 bisa menjadi kesempatan bagi mereka untuk bangkit kembali.

Komentar Anda