Scroll to Top

Botol Air Mineral Bisa Memicu Kebakaran di Kabin Mobil

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 12 Aug 2017

air mineral

Botol air mineral yang disimpan di dalam kabin mobil bisa menjadi barang membayakan. Kemasan tersebut menjadi pemicu terbakarnya benda-benda di dalam kabin, terutama pada waktu siang hari dengan cuaca panas. Jika benda yang terbakar adalah benda-benda yang mudah menyulut api cepat besar, maka risiko kebakaran ikut meningkat.

Proses terbakarnya kabin oleh botol ini cara kerjanya mirip lensa yang disinari matahari untuk membakar kertas. Lengkungan botol dan isi air di dalamnya dapat menciptakan titik fokus yang memicu panas berlebih. Akibatnya, panas tersebut bisa menimbulkan percikan api seperti pada jok mobil.

“Cahaya hanya bersinar melalui jendela samping pengemudi dan menembus (botol air), dan membakar dua titik pada kursi,” ujar Dioni Amuchastegu, seorang teknisi baterai dari perusahaan Idaho Power.

Oleh sebab itu sebaiknya tidak menempatkan botol air mineral pada area yang bisa ditembus langsung oleh sinar matahari melalui kaca. Tempatkan botol di tempat yang aman. Selain itu segera buang botol air mineral ketika sudah habis. Risiko kebakaran makin besar saat botol masih berisi air.

Video yang memperlihatkan bahaya botol air mineral dalam menciptakan kebakaran di kabin mobil, dapat diliat dengan klik link berikut:

Video botol air mineral di mobil

 

Komentar Anda