Scroll to Top

5 Makanan Ini Dapat Mempercepat Penuaan Sel Kulit

By C Novita / Published on Sunday, 13 Aug 2017

makan junk food

Beberapa jenis makanan dapat mempercepat proses penuaan sel tubuh, termasuk juga sel kulit Anda. Akibatnya sel tersebut mudah rusak, menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, keriput, juga tubuh mudah sakit dan mengalami nyeri.

Hal itu terjadi karena kandungan yang dominan dalam jenis makanan tersebut bukan zat yang dibutuhkan oleh sel untuk tetap sehat dan awet muda. Umumnya jenis makanan yang membuat sel mudah rusak adalah dari jenis junk food dan makanan instan.

Berikut ini 5 contoh makanan yang mempercepat penuaan sel tubuh dan kulit, seperti dilansir oleh laman Boldsky:

Minuman berenergi dan soft drink

Minuman ini umumnya mengandung zat gula tinggi, atau pemanis buatan dan pengawet. Juga terdapat kandungan sodium yang memicu dehidrasi, asam sitrit yang merusak gigi, yang semuanya tidak baik bagi kesehatan sel.

Roti dan gula

Produk roti dengan kandungan gula tinggi dan tepung terigu memang lezat dan disukai. Namun bahan tersebut adalah penyebab mudah rusaknya sel, yang mendorong tumbuhnya mikrobioma atau mikroorganisme negatif dalam tubuh. Zat tersebut juga bersifat pro-inflamasi atau memicu peradangan.

Gula

Zat pemanis ini salah satu keburukannya adalah menghambat pertumbuhan sel baru dalam tubuh dan kulit. Ia merusak kolagen juga elastin, membuat kulit kehilangan elastisitas.

Makanan asin dan gurih

Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan adalah pemicu retensi air, sehingga kulit tampak bengkak dan lelah. Ia juga menimbulkan dehidrasi, serta merusak sel dan membuatnya menua.

Makanan olahan pabrik

Berbagai jenis makanan olahan pabrik sudha pasti diberi bahan kimia tambahan untuk pengawet, perasa, pewarna, dan pemanis. Tidak adanya serat, vitamin, mineral dan antioksidan alami membuat sel tubuh kesulitan memperbaiki bagiannya yang rusak. Alhasil Anda akan tampak lebih tua.

Semoga bermanfaat

 

 

 

 

Komentar Anda