Scroll to Top

Nenek Ini Lulus Kuliah di Usia 91 Tahun. Kamu Kapan?

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 13 Aug 2017

nenek wisuda

Hari gini masih bilang kuliah itu membosankan? Waktunya kamu bangkit dengan melihat semangat belajar nenek 91 tahun dari Phayao, Thailand ini. Dia baru saja mendapatkan gelar sarjana S-1 dari Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat. Perlu waktu 10 tahun bagi nenek bernama Kimlan Jinakul untuk menyelesaikan kuliahnya di jurusan Studi Pembangunan Manusia dan Keluarga.

Pada Rabu (8/8/2017) kemarin, Kimlan menjalani prosesi wisuda. Kimlan memulai aktivitas studinya saat usianya 72 tahun. Itu dilakoninya bersama putrinya di universitas sama. Dikutip dari laman BBC, sang putri ternyata meninggal dunia. Kimlan pun sempat vakum dari perkuliahan selama beberapa tahun.

Namun Kimlan mampu bangkit. Dia lantas meneruskan perkuliahan saat usianya menginjak 85 tahun. Jurusan yang diambilnya tetap sama yaitu Studi Pembangunan Manusia dan Keluarga.  Dirinya meyakini dengan mempelajari keilmuan tersebut, nantinya mampu membantu Kimlan untuk menjalani hidup yang penuh kebahagiaan dan berkualitas.

“Tidak pernah terlambat untuk belajar… pikiran saya selalu bangun untuk belajar,” kata Kimlan. “Setelah pulih dari kesedihan dan kehilangan putri saya, saya mendorong diri sendiri untuk menyelesaikan program studi ini dengan harapan roh putri saya senang,” tambahnya.

Kimlan mengaku tidak pernah merasakan pendidikan tinggi sebelumnya. Dia tidak ada kesempatan untuk hal itu lantaran harus menikah. Kimlan pun mendorong anak-anaknya untuk memiliki kemampuan lebih baik darinya dengan menyekolahkan hingga ke universitas.

“Saya selalu menginginkan agar anak-anak saya bisa mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Dengan keinginan kuat ini, saya mendorong dan mendukung kemauan anak-anak saya untuk menyelesaikan studi mereka sesuai dengan yang mereka inginkan,” ujarnya.

Perjuangan Kimlan tidak sia-sia. Keempat anaknya kini bergelar PhD dari universitas di Amerika Serikat. Begitu pula dengan perjuangan Kimlan menimba ilmu di universitas, penuh dengan lika-liku. Namun dia memiliki kemauan dan tekad yang kuat demi memuluskan cita-citanya.

“Ketika kuliah, saya targetkan untuk menyelesaikan satu bab maka saya usahakan saya selesaikan bab itu. Saya garis bawahi poin-poin penting yang perlud dihafal. Kata-kata dan paragraf yang digarisbawahi tersebut sangat membantu ketika melakukan revisi,” ungkapnya.

Komentar Anda