Scroll to Top

Apa Fungsi Lubang Kecil dan Kancing di Kerah Belakang Kemeja?

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 13 Aug 2017

kaitan baju

Pada sebagian kemeja milik pria terdapat sebuah lubang kecil yang terletak di bagian punggung. Biasanya lobang tersebut ditempatkan pada tengah sisi belakang kemeja, di area lebar dada. Tahukah Anda? Lubang tersebut memiliki fungsi yang cukup vital saat tidak dikenakan.

Benar. Fungsi utamanya adalah untuk menggantungkan baju. Dikutip dari laman Okezone, pada masa lampau masih banyak orang yang belum punya lemari yang dilengkapi rak atau gantungan. Akhirnya pakaian disimpan memakai pengait atau jepitan. Keberadaan lubang pada kemeja membuat pakaian tetap bisa disimpan dengan digantung tanpa menimbulkan efek kusut.

Pakaian dengan lubang kecil ini diterapkan pelaut East Coast kala itu. Mereka menggantung pakaian saat berganti baju di lautan. Dan, pakaian demikian makin tren di Amerika saat kemeja Oxford punya kancing di depan era 1960-an.

Selain lubang di belakang kemeja, kadang ada pula kancing yang ditempatkan di belakang kerah. Lagi-lagi, kancing ini pun ada fungsinya dan bukan sekadar aksesori. Nah kegunaan utama kancing tersebut sebagai penyatu kerah dengan kemeja.

Dulunya kancing di kerah dipakai untuk mengaitkan agar mudah menggantungkan baju.  Saat dikancingkan, baju menjadi lebih gampang mengait pada paku. Dalam dunia mode busana, kaitan di belakang kemeja dinamakan locker loops atau fruit loops.

Komentar Anda