Scroll to Top

Nyamuk Pilah-Pilih Mangsa dari Bau Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Jan 2012

mosquito

Nyamuk ternyata tidak sembarangan untuk hinggap ke mangsanya. Tidak setiap darah dihisapnya, kecuali si mangsa punya bau khusus yang disukai nyamuk. Bau itu berasal dari tubuh manusia sendiri yang dihasilkan oleh bakteri yang menempal pada badan. Jangan heran bila ada nyamuk suka menghisap darah orang orang tertentu dan membiarkan yang lainnya.

Hasil ini merujuk pada penelitian Composition of Human Skin Microbiota Affects Attractiveness to Malaria Mosquitos. Studi melibatkan 50 pria yang diminta membiarkan bau alami tubuh mereka keluar dengan sendirinya. Mereka dilarang mengonsumsi makanan yang bisa mengubah ciri khas bau tubuh yang asli. Seperti bawang putih, bawang merah, dan sebagainya.

Setelah itu, dilakukan pengujian sejauhmana nyamuk jenis anopheles gambiae akan menghisap darah mereka. Usai proses tersebut, peneliti mengambil sampel kulit dari relawan dan memeriksa mikroba yang menempel padanya. Ternyata didapat kesimpulan, nyamuk suka dengan badan yang baunya dikeluarkan oleh bakteri yang jumlahnya banyak tapi dengan jenis bakteri yang tidak beragam. Namun, nyamuk kurang suka jika tubuh seseorang muncul bau yang dihasilkan beragam jenis bakteri.

Seperti dikutip National Geographic, penelitian yang dilakukan  Niels O. Verhulst dan rekan-rekannya ini selanjutnya berupaya untuk menentukan jenis senyawa yang dihasilkan bakteri tersebut. Jika rumusan senyawa bisa didapat, akan memudahkan untuk membuat antnyamuk yang sesuai. Penelitian ini dimuat dalam jurnal Public Library of Science ONE (PloS ONE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda