Scroll to Top

Pungli di Pura Besakih, Bikin Cemar Pariwisata Bali

By C Novita / Published on Monday, 09 Jan 2012

Kabar buruk dari dunia pariwisata Indonesia kembali terdengar. Kali ini tentang adanya pungli alias pungutan liar di Pura Besakih, Karang Asem, Bali.

Pungutan liar tersebut banyak dilakukan oleh para pramuwisata, atau guide yang berada di sekitar Pura Besakih.

Mereka kabarnya memaksa, bahkan berkata-kata kasar untuk membuat para wisatawan baik mancanegara maupun domestik untuk membayar sejumlah biaya.

Dilansir dari situs detik, biaya yang ditarik oleh para oknum pramuwisata tersebut bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Banyak wisatawan yang mengeluh dan kecewa serta mewanti-wanti agar orang lain tidak mengunjungi Pura Besakih karena hal tersebut.

Pada situs  tripadvisor, banyak wisatawan mancanegara yang berkeluh kesah dan kapok mengunjungi Pura Besakih.

Seperti yang dialami Zeppeli, dari Adelide, Australia.

“Setelah membayar uang parkir, tiket masuk, dan juga ongkos guide, kami akhirnya masuk pura dengan pemandu yang menjelaskan dengan kasar. Lantas, kami pun memutuskan untuk keluar dan beristirahat sejenak untuk foto-foto. Namun seorang guide lain datang dan mengatakan kami tak boleh berkeliaran tanpa guide. Kami katakan bahwa kami hanya berfoto sejenak, namun ia berteriak dan berkata bahwa kami pembohong. Kami sangat kecewa, setelah perjalanan panjang, dan membayar begitu banyak biaya.”

Berbeda lagi dengan pengalaman seorang wisatawan dari Freemont, California.

“Saya merasa dirampok. Hati-hati kalau ke sana,” kata Sassibassi.

Jika dilihat dari rating penilaian yang ada di situs tripadvisor, sebanyak 55% wisatawan mancanegara menilai buruk dan menyarankan untuk menghindari Pura Besakih.

Semoga masalah ini segera mendapat tanggapan dari pihak berwenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda