Scroll to Top

Awas, Ini 9 Tanda Awal Penyakit Gagal Ginjal

By C Novita / Published on Sunday, 20 Aug 2017

ginjal sehat

Jangan remehkan kesehatan ginjal Anda, karena jika sudah terkena penyakit maka akan sulit sembuh terutama bagi penderita penyakit gagal ginjal. Makin modern kehidupan, prevalensi penyakit ini makin bertambah juga.

Berikut ini 9 macam gejala awal gagal ginjal yang harus diwaspadai, untuk mendapatkan pengobatan sedini mungkin. Dilansir laman Boldsky, ini tanda-tandanya:

Urine berbusa

Keluarnya urine yang berbusa dan beraroma menusuk adalah salah satu ciri dari gagal ginjal. Saat Anda buang air kecil yang terasa adalah rasa panas seperti terbakar. Ini tidak normal dan harus segera dilakukan pemeriksanaan medis.

Anggota tubuh bengkak

Bengkak ini adalah akibat ginjal tak mampu membuang racun dalam tubuh secara maksimal. Biasanya kaki, tangan, dan pergelangan kaki yang terasa bengkak.

Anemia

Kerja ginjal yang tidak maksimal membuat produksi hormon EPO berkurang. Akibatnya oksigen yang dapat diserap pun berkurang. Sel darah kekurangan oksigen, menjadikan Anda tampak pucat, mudah lelah dan seperti anemia.

Ruam

Banyaknya sisa racun yang tak bisa dibuang oleh ginjal, menumpuk di beberapa bagian tubuh lain semisal kulit. Akibatnya kulit tampak ruam dan gatal serta kemerahan.

Masalah pernapasan

Muncul gangguan pernapasan yang membuat bau napas menjadi tak enak. Ini sering disebut juga uremia.

Pusing

Sakit kepala atau pusing disebabkan kurangnya oksigen yang dibutuhkan oleh organ tubuh. Tak hanya itu, kadang juga disertai turunnya konsentrasi dan daya ingat.

Sakit punggung

Bisa juga terjadi sakit punggung yang terletak dekat ginjal. Anda kadang merasa sulit bergerak karena sakit ini.

Mual

Mual dan muntah kerap juga dialami. Jika sudah sampai gejala ini maka penyakit sudah berbahaya.

Sesak napas

Kadar oksigen yang sangat minim membuat seseorang bia mengalami sesak napas.

 

 

 

Komentar Anda