Scroll to Top

Bendera Merah Putih Terbalik di SEA Games, Malaysia Minta Maaf

By C Novita / Published on Sunday, 20 Aug 2017

bendera terbalik

Malaysia akhirnya minta maaf akibat insiden bendera merah putih terbalik yang dicetak pada buku panduan SEA Games 2017, usai mendapat protes keras dari pemerintah dan linimassa. Sebagai konsekwensi, buku tersebut akan ditarik dari peredaran secepatnya.

Hal tersebut diungkap dalam konferensi pers pada Ahad (20/8) di Hotel Shangrila, Kuala Lumpur Malaysia. Hadir dalam momen tersebut Menteri Belia dan Sukan Malaysia Khairy Jamaluddin yang mewakili pemerintah Malaysia untuk meminta maaf.

“Selain menarik buku tersebut, secara resmi pemerintah Malaysia melalui Kementerian Luar Negeri juga telah menyampaikan permohonan maaf kepada pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Indonesia” jelas Khairy.

Dirinya pun mengaku telah bertemu dengan Menpora RI Imam Nahrowi sebelum menggelar konpers yang juga disiarkan oleh stasiun televisi TVRI itu.

“Kami sudah melakukan pertemuan empat mata, dan saya sudah secara lisan dan tertulis memohon maaf atas kesalahan ini,” tambahnya.

Dia menegaskan bahwa Malaysia sebagai tuan rumah bertanggung jawab mempererat silaturahim semua peserta SEA Games, termasuk dengan negara tetangga Indonesia.

Sebelum resmi meminta maaf dalam acara jumpa pers, Sekertariat Kuala Lumpur 2017 (Kementerian Pemuda dan Olahraga) telah juga mengeluarkan surat permintaan maaf yang diunggah lewat akun Twitter resmi SEA Games 2017 @KL2017.

Bunyi surat permintaan maaf itu antara lain adalah demikian:

Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia di atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cenderamata tersebut.”

 

 

 

Komentar Anda