Scroll to Top

Toyota Indonesia Peringkat 4 Penjualan Toyota di Dunia

By Aditya Mahadika / Published on Wednesday, 11 Jan 2012

Gangguan gempa dan tsunami di Jepang serta banjir di Thailand memang cukup menggangu performa penjualan Toyota di Indonesia sepanjang tahun 2011. Meski demikian Toyota Indonesia mampu menempati peringkat keempat penjualan terbanyak Toyota di dunia di bawah Amerika Serikat, Jepang, dan Cina.

PT Toyota Astra Motor sebagai pemegang merek Toyota di Indonesia sepanjang tahun lalu berhasil menjual sebanyak 310.674 unit (wholesale) dan 314.417 unit (retail) produknya ke pasaran. Angka ini meningkat 10,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka ini menjadikan Indonesia untuk pertama kalinya menggeser posisi Thailand sebagai penyumbang penjualan terbanyak Toyota di kawasan Asia Tenggara.

“Banjir di Thailand secara tidak langsung memberikan keuntungan bagi Indonesia. Untuk pertama kalinya kita berhasil melewati angka penjualan mereka,” kata Johnny Darmawan Presiden Direktur PT TAM saat peluncuran Toyota New Alphard di Jakarta, Senin, 9 Januari 2012 pagi.

Amerika Serikat masih nomor satu dengan penjualan sebanyak 1,632 juta, disusul Jepang 1,296 juta unit, dan Cina 883.431 unit. Banjir berkepanjangan membuat Thailand harus turun ke posisi empat dengan penjualan 290.061 unit.

Selain itu, angka penjualan tahun 2011 lalu juga menjadi rekor penjualan baru bagi Toyota di Indonesia. Sebagai perbandingkan, pada tahun 2010, Toyota mencatat penjualan 284.598 unit (wholesale) dan 287.692 unit (retail).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda