Scroll to Top

Barcelona Klub dengan Peraih Ballon d’Or Terbanyak Sepanjang Sejarah

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 10 Jan 2012

Sudah sekian banyak pemain yang meraih Ballon d’Or yang bergulir sejak tahun 1956. Kala itu, peraih gelar pemain terbaik dunia adalah Stanley Matthews, pemain Blackpool.

Ballon d'or

Dalam sejarahnya sendiri, Ballon d’Or sempat hanya digunakan untuk memilih pemain terbaik Eropa. Barulah pada 1995, seluruh pemain yang berlaga di liga Eropa, berhak mendapatkan gelar ini. Perubahan terus datang.

Tahun 2007, semua pemain dari mana pun yang berlaga di liga mana pun di seluruh dunia, berpeluang mendapatkan Ballon d’Or.

Nah, dalam 56 kali pergelaran Ballon d’Or, dari sebelumnya hanya untuk pemain Eropa, pemain yang berlaga di Eropa, pemain di seluruh dunia, hingga ajang ini “diakuisisi” FIFA, ada rekor unik.

Barcelona tercatat menjadi klub dengan peraih Ballon d’Or terbanyak dengan sembilan gelar. El Barca melewati rekor Juventus dan AC Milan yang memiliki 8 pemain peraih Ballon d’Or.

Keberhasilan pemain Barcelona diawali pada tahun 1960. Kala itu, Luis Suarez Minamontes, sang playmaker mendapatkan gelar Ballon d’Or pertama untuk Blaugrana. Tahun itu ia memenangkan La Liga dan Fairs Cup untuk Barcelona.

13 tahun kemudian barulah gelar itu kembali diraih pasukan Camp Nou. Adalah Johan Cruyff, yang memutuskan untuk mencari peruntungan di luar Belanda. Cruyff mendapatkan dua Ballon d’Or di Barcelona, pada 1973 dan 1974. Sebelumnya, sang maestro sudah mendapatkan 1 gelar ketika berkostum Ajax.

Penantian berikutnya lebih panjang. 20 tahun setelah Cruyff, barulah ada seorang pemain Barcelona yang kembali mengecap gelar serupa. Hristo Stoickhov, pemain terbaik Bulgaria sepanjang masa, mendapatkan Ballon d’Or pada 1994. Stoickhov masuk dalam tim impian Barcelona yang “kebetulan” diasuh oleh Johan Cruyff.

Rivaldo menjadi pemain keempat Barcelona yang meraih Ballon d’Or. Ia memperolehnya pada tahun 1999. Kala itu, bahkan ada ujaran Barcelona terlalu tergantung pada Rivaldo sebagai pencetak gol, meskipun posisinya adalah gelandang serang atau playmaker.

Selang enam tahun giliran suksesornya, Ronaldinho yang meraih Ballon d’Or. Si tonggos membawa Barcelona sebagai salah satu tim paling menghibur. Sayang, demi Lionel Messi, Dinho pun dilego ke AC Milan.

Pemain terakhir Barcelona yang meraih Ballon d’Or hingga 2011 adalah Lionel Messi. Ia menjadi pemain terbanyak yang meraih gelar tersebut, sekaligus yang paling muda. Messi mendapatkan Ballon d’Or pertama di usia 22 tahun.

Yang menarik, 5 dari enam pemain Barcelona yang meraih Ballon d’Or bukanlah orang Spanyol asli. Satu-satunya pemain Spanyol peraih Ballon d’Or untuk Barcelona adalah sang peraih pertama Luis Suarez.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda