Scroll to Top

Inilah Manfaat Bersahabat

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 10 Jan 2012

persahabatan

Apa arti sahabat buat Anda? Apa pun definisinya, mereka adalah orang yang nilainya sangat berharga dalam kehidupan Anda. Mereka sering jadi tempat berkeluh, berbagi, dan saling menolong. Hakikatnya, tidak ada orang yang mampu menyendiri dalam menghadapi berbagai rintangan dan kerasnya kehidupan.

Oleh karena itu, jalinlah selalu pertemanan setiap harinya. Kalau perlu, selalu tambah teman Anda tanpa sedikit pun berniat memutuskan hubungan itu di antara Anda. Niscaya, hidup yang Anda hadapi akan terasa lebih mudah dan, satu lagi, itu sebagai jalan membentuk kualitas hidup Anda lebih baik.

Sebuah penelitian di Universitas of Chicago mengatakan, orang yang hidupnya kesepian, psikologisnya menjadi tidak punya arah. Rasa cemas seakan menghantui hidupnya. Beda halnya dengan orang yang kerap mendapatkannya perhatian dari para sahabatnya. Orang ini kerap mendapat mood yang baik dan lebih terjaga dari penyakit insomnia dengan kenyamanan yang muncul dari pikirannya.

Selain itu, studi tersebut juga menekankan, ada kausalitas antara hubungan sosial dengan kekebalan tubuh. Mereka yang tidak menutup diri dari sekitarnya, lebih jarang terkena flu dibanding orang yang enggan bersosialisasi. Jalinan yang sering dilandasi keikhlasan dalam berbagi itu juga mencegah diri Anda mengalami masalah penurunan kognitif yang biasanya berakhir dengan kepikunan. Justru, makin banyak berinteraksi, kemampuan kognitif Anda tambah tajam.

Jadi, adakah alasan lain bagi Anda untuk tidak bersosialisasi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda